raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.

Trend Bisnis Kecantikan Terus Meningkat Pesat Per Tahun

2 min read

Trend bisnis kecantikan Falabelle Official

Di Indonesia ini dalam industri bisnis kecantikan sangat tumbuh dengan pesat dalam setiap tahunya, tidak heran banyak sekali trend bisnis kecantikan hingga saat ini. Namun, semakin banyak yang membuka bisnis dibidang kecantikan ini semakin ketat juga persaingan dan perusahaan bisnis kecantikan berlomba-lomba untuk memilih strategi yang sangat tepat untuk menarik konsumen. Suatu brand atau merek harus mampu membuat daya tarik saing yang berbeda agar tidak sama dengan brand-brand yang lainya.

Kini hampir semua brand kecantikan memanfaatkan dunia digital sebagai tools atau alat pemasaran menciptakan konten yang melibatkan audience atau konsumen secara langsung membuat suatu pengalaman yang menarik sehingga akan teringat terus di dalam benak konsumen. Banyak sekali di dalam brand-brand ini membuat trend atau kampanye tentang  produk mereka agar masyarakat tertarik dan juga mengenal produk lebih dalam.

Baca juga : Tips memulai bisnis kecantikan budget minim

Beberapa produk melalukan kampanye terhadap brandnya, seperti :

 

1. Sociolla

Sociolla ternyata merupakan perusahaan e-commerce yang bergerak di bidang kecantikan yang didirikan oleh 3 orang pada bulan Maret tahun 2015 yaitu Christanti Indiana, Christoper Madian dan John Rasjid. Pada tahun 2019 Sociolla membuat kampanye dengan judul Glossary Beauty Journal yang artinya adalah glosarium online yang memuat istilah, terminologi, merek dan produk yang sering digunakan dalam dunia kecantikan. Tujuan dari kampanye tersebut adalah untuk memudahkan para konsumen yang minat dengan kecantikan sehingga lebih paham tentang lebih dalam dunia kecantikan dengan kamus yang mudah di akses.

 

2. Olay

Brand olay ini berdiri sejak tahun 1952 yang awalnya bernama oil of olay seperjalanan brand ini akhirnya ia mengganti nama menjadi olay di tahun 1990, olay yang berasal dari afrika. Olay membuat kampanye untuk produknya di bulan februari tahun 2019 dengan kampanye yang bernama Lets Break Up mengangkat isu usia  dengan tujuan ingin menyampaikan pesan bahwa usia bukanlah sesuatu masalah yang harus di pertimbangkan saat berkarier atau menjalani suatu hubungan. Kampanye inti di targetkan untuk umur yang telah melewati usia 25 tahun.

 

3. Pantene

Pantene adalah produk kecantikan yang bergerak untuk rambut. Pantene berasal dari Eropa yang berdiri sejak tahun 1947. Pantene membuat kampanye di tahun 2019 yang bernama Power of Grey yang dilaksanakan di Inggris. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menjangkau semua orang yang ada di Inggris berbagai jenis rambut dan yang paling utama adalah rambut yang berwarna abu-abu atau rambut yang beruban. Kampanye ini secara tidak langsung mengajak rambut yang sudah beruban agar tidak merasa kekurangan yang harus ditutupi. Karena rambut berubah warna menjadi abu-abu alias uban bukanlah kekurangan.

 

4. Make over

Make over salah satu brand yang cukup banyak diminati oleh konsumen. Brand ini berdiri sejak tahun 2010 di PT Paragon Technology and Innovation yang bergerak di dunia kosmetik kecantikan. Pada bulan Januari 2020 make over mengadakan kampanye yang bernama Beauty All Always yang bertujuan untuk mengajak wanita agar lebih berani untuk menjadi diri sendiri dengan cara mengekspresikan dirinya dengan keunikan yang dipunyai oleh dirinya sendiri. Kampanye ini juga mengandung influencer di bidang beauty, koreografer dan penyanyi yang terkenal seperti Tasya Farasya, Audrey Tapiheru dan juga Ufa Sofura.

 

Selain dari brand- brand tersebut ada juga trend bisnis kecantikan yang terjadi di 2020, seperti :

1. Skincare

Skincare di tahun ini sangat ramai kembali akibat terjadinya pandemi banyak orang yang rajin memakai skincare akibat tidak boleh keluar rumah ini dan juga banyak dari masyarakat ingin setelah pandemi ini berakhir ingin menunjukan ke glow ubannya banyak yang dicari skincare yang membuat kulit sehat dan tentunya glowing dan mengatasi masalah pada kulit. Cocok banget di kondisi seperti ini banyak orang yang ingin merawat kulitnya agar pandemi kelar terlihat lebih cantik.

Baca juga : Gabung menjadi mitra bisnis reseller skincare 

 

2. Tren Rambut

Sejak pandemi banyak orang yang bingung untuk melakukan aktivitas sedangkan kita dihimbau oleh pemerintah untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Tren ini sempat banyak yang mengikutinya untuk mengecat warna rambut, ganti style rambut dan masih banyak lagi.

 

3. Make up

Di tahun 2020 sempat viral dengan yang namanya Pass The Brush dari tujuan tersebut yaitu melihatkan before after makeup dalam bentuk video dan dibuat bersama teman-teman. Banyak sekali antusias dalam membuat challenge ini.

Comments

comments

raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.