siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif

Apa Itu Toner BHA ? Ketahui Fungsi Dan Efek Sampingnya Di Sini

3 min read

Apa itu Toner BHA Falabelle Official

Berbicara mengenai Toner BHA, pasti kandungan skincare yang satu ini sudah tidak asing lagi di telingamu. Bagaimana tidak, saat ini banyak sekali produk skincare yang mencantumkan bahan aktif BHA sebagai judul produknya. Biasanya kandungan BHA ini sering ditemukan di produk skincare yang teksturnya cenderung cair salah satunya produk toner. 

Meski kandungan BHA pada toner kini banyak ditemui dan cukup mudah didapatkan. Faktanya, masih ada beberapa orang yang masih belum memahami betul tentang toner BHA. Apa itu toner BHA, apa manfaat dan fungsinya untuk kulit wajah, cara memakainya. Bahkan, ada yang masih awam tentang perpaduan bahan aktif skincare, apakah boleh toner BHA dicampur dengan bahan aktif lain atau tidak. Nah, untuk memberikan pengetahuan lebih tentangnya, kita bahas lebih lanjut yuk!

Apa Itu Toner BHA?

Apa itu Toner BHA ? Falabelle Official

Toner merupakan cairan penyegar wajah yang sifatnya untuk menyeimbangkan pH kulit, serta mampu mengangkat sisa-sisa minyak, kotoran dan make-up di wajah. BHA merupakan kependekan dari beta hydroxy acid, BHA ini termasuk ke dalam golongan asam yang fungsinya untuk mengelupaskan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Oleh karena itu, toner BHA sering disebut juga sebagai toner exfoliasi.

Hasil dari proses eksfoliasi nantinya, kulit wajah akan terasa lebih halus, mulus dan cerah berseri. Karena sel-sel kulit mati yang telah terkelupas atau terangkat, tergantikan dengan kulit baru. BHA terbagi kedalam beberapa jenis, salah satunya asam salisilat atau salicylic acid yang paling sering ditemukan pada kandungan skincare. Asam salisilat ini terbuat dari aspirin yang fungsinya untuk merawat kulit berjerawat, mengurangi peradangan, dan kemerahan di kulit wajah.

Memakai asam salisilat tentu tidak dianjurkan untuk dipakai secara rutin setiap hari. Namun, jika ditemukan toner BHA yang mengandung asam salisilat dengan konsentrasi rendah dan terdapat aturan pakai secara rutin setiap hari. Maka produk skincare tersebut memang sudah teruji aman. Umumnya konsentrasi asam salisilat pada produk skincare rata-rata 0,5 – 5 persen. Jika persen tidak dicantumkan pada ingredients itu artinya konsentrasinya sangat rendah. 

Fungsi BHA Dalam Skincare

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, BHA memiliki jenis-jenis asam yang mempunyai manfaat positif untuk kulit wajah. BHA sendiri tentunya mempunyai berbagai fungsi dan manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah, antara lain sebagai berikut :

1. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Manfaat yang paling utama dan sangat umum diketahui adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, dikenal dengan eksfoliasi. Proses eksfoliasi  dengan menggunakan toner BHA mampu mengelupaskan kulit. Karena toner yang mengandung BHA dapat bekerja efektif sampai menembus ke pori-pori terdalam dan mengangkat sel-sel kulit mati. Minyak atau sebum berlebih di wajah juga mampu diatasi olehnya. 

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Fungsi berikutnya, bisa mengatasi masalah jerawat. asam salisilat atau salicylic acid pada BHA ini yang menjadikannya mampu mengatasi jerawat. Sifat antibakteri yang dimilikinya juga dapat melawan bakteri penyebab jerawat, bahkan toner ini bisa mencegah pembentukan jerawat. 

3. Membuat Kulit Wajah Jadi Cerah

Manfaat lainnya yaitu mampu mengangkat sel-sel kulit mati, ternyata memberikan dampak positif lainnya. Dikarenakan sel-sel kulit mati sudah terangkat oleh proses exfoliasi, kulit wajah menjadi terlihat lebih cerah berseri. Tentu hasil tersebut didapatkan dengan pemakaian yang konsisten dan teratur. 

Apa Bedanya AHA dan BHA?

Jika membahas soal BHA, tak lengkap rasanya jika tidak membahas AHA. Alfa Hydroxy Acid disingkat AHA merupakan kelompok asam yang secara alami ditemukan dari makanan. Misalnya, asam sitrat ditemukan dari buah jeruk dan asam glikolat ditemukan dari tebu. 

AHA juga berfungsi sebagai eksfoliasi wajah. Itulah mengapa AHA dan BHA selalu berdampingan dalam kandungan skincare. Dari kesamaan tersebut, muncul perbedaan yang signifikan. Yaitu, AHA merupakan asam yang larut dalam air, sedangkan BHA hanya larut dalam lemak dan minyak. 

Efek Samping Memakainya

Melalui manfaat positif dari toner BHA yang beragam untuk kulit wajah, tidak menutup kemungkinan akan memberikan efek samping tertentu. Terlebih lagi jika kulitmu mempunyai sensitivitas yang sangat tinggi. Namun, efek sampingnya tidak akan separah dari toner yang mengandung AHA. Biasanya, efek samping bisa muncul dan bisa juga tidak. Tergantung kondisi kulit, tipe kulit dan konsentrasi dari BHA tersebut. 

Efek yang umumnya dirasakan meliputi kulit gatal, terasa cekat-cekit, perih, kemerahan, bahkan bisa terjadi sensasi kulit terbakar. Beberapa efek samping tersebut umumnya terjadi saat pertama kali memakainya. Jika sudah rutin dan konsisten kulit akan terbiasa dan tidak akan terjadi efek samping apapun. Perlu diingat kembali beberapa efek samping tersebut ,bisa terjadi dan juga tidak sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. 

Tips Memakai Toner BHA Untuk Pemula

Tips memakai Toner BHA

Perlu digaris bawahi terutama untuk kamu yang baru akan memakai toner BHA, memakai toner ini tidak boleh sembarangan. Terdapat aturan khusus yang menjelaskan cara pakai toner BHA ini agar memberikan hasil yang maksimal. Penggunaan yang salah akan menimbulkan lebih banyak masalah kulit. Jika kamu tidak ingin hal itu terjadi padamu, ikuti beberapa tips di bawah ini :

  • Lakukan research terlebih dahulu terhadap toner BHA mana yang akan kamu pilih. Mulai dari merk, ulasan dari pembeli, aman atau tidaknya.
  • Usahakan pilih toner yang konsentrasi BHA-nya yang rendah terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengenalkan kulit wajah dengan kandungan BHA. Juga untuk mengurangi timbulnya efek samping di wajah. 
  • Aplikasikan toner menggunakan kapas, lalu usapkan secara perlahan ke wajah. Sehingga pengelupasan kulit bekerja lebih optimal dibanding dengan ditepuk-tepuk oleh telapak tangan. 
  • Gunakan pada malam hari saja secara bertahap. Mulai dari seminggu sekali, seminggu dua kali, sampai pada tahap kulit sudah terbiasa dengan kandungan toner BHA. 
  • Jangan lewatkan pelembab atau moisturizer. Memakai toner BHA menyebabkan kulit menjadi lebih kering dari biasanya sehingga peran moisturizer penting untuk mengembalikan kelembaban kulit. 
  • Jangan lupa gunakan sunscreen pada keesokan harinya. Karena kulit menjadi lebih sensitif akibat pengelupasan, maka lindungilah kulit dari sinar UV dengan sunscreen.

Kandungan Yang Tidak Boleh Dicampur Dengan BHA

Dikarenakan toner BHA yang bisa memberikan efek samping pada kulit. Untuk itu BHA juga tidak boleh digunakan berbarengan dengan bahan aktif lainnya yang memiliki efek samping. Hal ini untuk menghindari timbulnya iritasi parah pada wajah, dan guna untuk memaksimalkan hasil exfoliasi wajah. Berikut ini kandungan lain yang tidak boleh dicampur dengannya,

  • BHA dan Retinol
  • BHA dan Benzoyl Peroxide 
  • BHA dan Niacinamide 
  • BHA dan Vitamin C 

Dicatat dan diingat baik-baik ya! Semoga artikel ini menambah pemahamanmu akan produk skincare terutama toner BHA. Jangan lupa terapkan tips memakai tonernya agar hasilnya optimal dan kulitmu menjadi sehat dan terawat. 

Comments

comments

siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif