siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif

Toner Atau Masker Dulu? Ketahui Urutan Maskeran Agar Hasilnya Optimal

3 min read

Merawat kesehatan kulit wajah dengan menggunakan produk skincare merupakan langkah yang penting. Karena, produk-produk skincare termasuk toner dan masker dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah. Namun, tak jarang ada pengguna skincare yang melewati toner maupun masker pada skincare routine-nya. Padahal jika ditelaah lebih lanjut toner dan masker ini memiliki manfaat yang beragam dan cukup penting untuk kulit wajah. 

Tidak adanya perubahan yang terjadi pada kulit wajah menjadi salah satu faktor mengapa masih ada yang melewati tahap ini. Tapi, jika dipikir kembali sepertinya bukan toner dan masker yang tidak memberikan perubahan pada kulit wajah. Melainkan, bagaimana cara kamu memakai toner dan masker selama ini, terlebih pada urutannya yang membingungkan. Jadi, sebenarnya urutan yang benar toner atau masker dulu sih? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Toner Atau Masker Dulu?

Toner atau masker dulu Falabelle Official

Kedua jenis produk skincare ini umumnya digunakan pada tahap awal memakai skincare. Namun, jika ditanya mana urutan maskeran yang benar dan tepat, toner atau masker dulu? Jawaban yang tepat adalah tergantung dari masker yang akan kamu pakai. Mengingat terdapat jenis-jenis masker, maka urutan toner dalam maskeran pun akan berpengaruh. Hal itu disebabkan karena terdapat perbedaan fungsi dan peran yang menonjol antara toner dan masker. 

Toner mempunyai peran sebagai penyeimbang pH kulit wajah, agar kulit wajah siap menerima tahapan produk skincare selanjutnya. Toner juga berperan mengangkat sisa-sisa kotoran dan make-up. Kulit wajah akan terasa lebih segar setelah memakai toner, tak heran jika toner juga sering disebut sebagai penyegar wajah. Terdapat dua jenis toner exfoliating toner dan hydrating toner

Masker mempunyai manfaat beragam yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Salah satunya dapat memberikan nutrisi lebih, menghaluskan pori-pori, melembabkan, mendetoks kulit wajah sehingga mampu meredakan masalah pada kulit wajah. Masker sendiri terbagi kedalam beberapa jenis diantaranya, clay mask, mud mask, bubble mask, peel off mask, sheet mask, sleeping mask, masker gel dan terakhir cream mask.

Jika dilihat dari peran dan fungsi antara masker dan toner. Tak heran jika urutan kedua produk ini bisa membingungkan penggunanya. Terlebih terdapat perbedaan jenis masker yang menyebabkan perbedaan urutannya. Nah, agar kamu tidak kebingungan urutan toner atau masker dulu, simak baik-baik  penjelasan urutan maskeran yang tepat agar hasilnya optimal, sesuai dengan jenis masker yang akan kamu pakai.

Baca juga : Perbedaan exfoliating dan hydrating pada wajah  

Gunakan Masker Terlebih Dahulu Jika Masker Perlu Dibilas

Pada penjelasan sebelumnya dijelaskan kalau masker mempunyai beragam jenis. Berbeda jenis maka berbeda pula cara pakai dan manfaatnya. Untuk memudahkan kamu melakukan urutan masker yang benar cukup bedakan dengan jenis masker yang dibilas dan tidak dibilas. Jenis masker yang biasanya perlu dibersihkan atau dibilas adalah jenis clay mask, mud mask dan bubble mask. 

Jenis masker yang perlu dibersihkan seperti clay mask ini sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak. Karena clay mask mampu mengontrol minyak di wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Nah, jika kamu hendak memakai salah satu masker tersebut yang perlu dibilas sesudahnya, aplikasikan toner sesudah memakai masker. 

Nantinya pemakaian masker yang mampu mengangkat kotoran di wajah akan lebih optimal, dan kulit wajah akan jadi lebih segar, dan cerah berseri. Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Cuci wajah menggunakan pembersih wajah.
  • Bilas sampai benar-benar bersih tidak menyisakan sabun. lalu, lap wajah menggunakan handuk lembut atau tisu wajah. 
  • lalu, aplikasikan masker ke seluruh area wajah dengan menghindari area mata dan bibir. 
  • Tunggu sekitar 10-15 menit. 
  • Sebelum dibilas, gosok-gosok secara perlahan dengan arah memutar sampai masker mengelupas.
  • Setelah itu bilas sampai bersih dan lap dengan handuk atau tisu sampai wajah masih terasa lembab.
  • Lalu, aplikasikan hydrating toner yang mampu melembabkan dan mengembalikan pH kulit. 
  • Terakhir, gunakan rangkaian skincare selanjutnya yang biasa digunakan. 

Gunakan Toner Terlebih Dahulu Jika Masker Tidak Perlu Dibilas

Jenis masker yang tidak perlu dibilas ini menjadi idaman di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, jenis masker yang tidak perlu dibilas ini sangat praktis, tidak merepotkan dan gampang diaplikasikan. Sheet mask, sleeping mask, masker gel dan masker krim merupakan jenis masker yang tidak harus dibilas setelah pemakaian. 

Biasanya masker yang tidak perlu dibilas seperti sleeping mask cocok untuk pemilik kulit kering. Karena masker akan memberikan hidrasi selama semalaman penuh, jadinya kulit akan terasa lebih lembab dan kenyal. Berbeda dengan masker yang perlu dibilas yang memakai tonernya setelah masker dibersihkan. Jenis masker yang praktis ini memerlukan toner sebelum pemakaian masker. 

Terlebih jika menggunakan exfoliating toner terlebih dahulu. Karena exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di wajah. Dengan begitu masker yang tidak perlu dibilas ini, akan bekerja lebih efektif dan mampu bekerja ke dalam pori terdalam kulit. Berikut langkah-langkah memakai masker yang tidak perlu dibilas :

  • Cuci wajah menggunakan pembersih wajah.
  • Bilas sampai benar-benar bersih tidak menyisakan sabun. Lalu, lap wajah menggunakan handuk lembut atau tisu wajah. 
  • Gunakan exfoliating toner menggunakan kapas, agar proses pengangkatan sel-sel kulit mati bekerja lebih efektif.
  • Lalu gunakan hydrating toner, agar kulit menjadi lembab kembali dan siap menerima tahapan skincare selanjutnya yaitu masker. 
  • Barulah aplikasikan masker. Jika masker berupa gel, krim, atau sleeping mask usapkan masker ke seluruh area wajah dengan menghindari area mata dan bibir. 
  • Jika masker berupa kertas atau sheet mask, cukup tempelkan sheet mask ke area wajah menyesuaikan bentuk maskernya. 
  • Khusus untuk sheet mask setelah 15-20 menit, lepaskan dari wajah dan diamkan sisa-sisa serum yang menempel pada wajah.

Tips Memakai Masker

Hal yang tak kalah penting agar maskeran mendapatkan hasil yang optimal adalah mengikuti saran dan petunjuk yang berlaku. Sama halnya dengan produk skincare lainnya masker juga dapat memberikan perubahan pada kulit wajah jika cara pakainya sudah benar dan tepat. Untuk hasil yang lebih optimal perhatikan tips-tips memakai masker ini. 

  • Perhatikan cara memakai masker

Tips pertama menyangkut kedua cara masker yang dibilas dan tidak perlu dibilas. Pasalnya ada beberapa jenis masker yang perlu dibilas namun, tekstur dan hasilnya sama persis dengan masker yang tidak perlu dibilas. Sehingga kamu harus lebih memperhatikan cara memakai maskernya. 

  • Perhatikan waktu memakai maskerin

Kedua, masih banyak ditemukan para pengguna masker yang berpikir, semakin lama masker menempel di kulit wajah akan semakin bagus hasilnya. Faktanya, hal itu tidak benar, rata-rata waktu pemakaian masker yang umum adalah 5 sampai paling lama 20 menit. 

  • Perhatikan frekuensi memakai masker

Masker tidak sama dengan produk skincare lainnya yang bisa digunakan secara rutin setiap dua kali dalam sehari. Memakai masker dianjurkan dengan frekuensi 2-3 kali dalam seminggu. 

Baca juga : Usia tepat memakai serum wajah 

Selain ketiga poin tersebut, hal yang lebih penting dari memakai masker muncul efek samping gatal, perih, sampai iritasi di wajah. Hentikan pemakaian dan segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit kelamin ya!

Comments

comments

siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif