Serum atau Pelembab Dulu ? Ini Cara Tepat Menggunakan Serum Wajah

3 min read

Serum atau pelembab, step korean skincare Falabelle Official

Bagi kamu si skincare enthusiast pasti sudah tidak asing dengan istilah 10 step korean skincare. Cara ini banyak dilakukan karena dirasa ideal untuk melapisi kulit wajah dan menghidrasi wajah secara menyeluruh. Namun ternyata masih banyak yang bingung lho bagaimana sih urutan yang benar, pakai essence dulu atau toner dulu? pakai serum dulu atau pelembab dulu? Kalau pakai serum dulu sebelum pelembab apa ya alasan dan manfaatnya? Khususnya ketika penggunaan serum dulu atau pelembab dulu, kedua produk ini memiliki tekstur dan kandungan yang hampir sama. Jadi kalau mirip, lebih baik memakai serum atau pelembab dulu ya?

serum atau pelembab dahulu Falabelle Official

Berikut ini urutan 10 step korean skincare yang benar :

1. Makeup Remover

Step pertama adalah step cleansing dengan makeup remover, makeup remover merupakan produk yang berfungsi untuk menghilangkan warna serta sisa kosmetik yang dipakai sehari-hari. Biasanya makeup remover berbentuk cair, cara menggunakannya dengan kapas. Produk ini merupakan step pertama urutan skincare karena tentunya kamu tidak mau ya ada sisa dan bekas kosmetik ketika kamu memakai skincare yang lainnya khususnya ketika memakai serum dulu sebelum pelembab. Ada beberapa produk makeup remover yang perlu kamu coba seperti Wardah Make Up Remover dan Pixy Eye & Lip Remover

2. Facial Wash

Step kedua masih dalam rangkaian cleanser yaitu Facial Wash. Produk ini digunakan setelah Makeup Remover untuk mengoptimalkan kebersihan wajah setelah bangun tidur maupun setelah berkegiatan sehari-hari. Selain untuk membersihkan, facial wash atau sabun wajah juga berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Cara menggunakannya cukup mudah, pertama pastikan tanganmu dalam keadaan bersih lalu basahkan produk facial wash dan usapkan perlahan ke wajah lalu bilas dengan air bersih. Beberapa produk facial wash yang bisa kamu coba adalah Dove Inner Glow Facial Foam dan Ponds White Beauty Lightening Facial Foam.

3. Exfoliator

Produk yang ketiga masih dalam kategori cleanser yaitu exfoliator. Exfoliator dapat berbentuk sabun cuci muka maupun toner. Exfoliator berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah dengan bahan kimia aktif seperti AHA BHA. Beberapa produk exfoliator yang dapat kamu coba adalah COSRX AHA BHA dan Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

4. Toner

Setelah melewati proses cleansing, kita melanjutkan ke step selanjutnya yang berfungsi untuk mengembalikan pH kulit wajah dan menenangkan kulit. Toner pada umumnya berbahan dasar air dan bahan aktif lainnya seperti gliserin yang berfungsi untuk melembabkan wajah dan antioksidan. Kebanyakan toner berjenis hydrating toner, toner jenis ini wajib kamu pakai setelah menggunakan produk-produk eksfoliasi. Ada beberapa produk hydrating toner yang menarik seperti Pyunkang Yul Essence Toner dan Mineral Botanica Brightening Toner

5. Essence/Ampoule

Produk ini terkadang dilupakan oleh beberapa orang karena fungsinya yang hampir sama dengan produk sebelum atau setelahnya. Essence merupakan produk yang berbahan dasar air dan berfungsi untuk mengefektifitaskan produk skincare setelahnya yaitu serum, essence juga berfungsi untuk membantu penyerapan produk serum yang dipakai terlebih dahulu sebelum pelembab tidak hanya itu tetapi juga berfungsi untuk membantu menenangkan iritasi, melembabkan kulit dan mencegah penuaan diri. Berikut ini beberapa produk essence yang dapat kamu coba yaitu Somethinc Criously 24K Gold Essence dan Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

6. Serum

Masuk pada bagian yang paling penting yang sering ditanyakan oleh orang-orang pakai serum atau pelembab dulu? Yap jawabannya adalah pakai serum dulu sebelum pelembab. Serum merupakan salah satu produk skincare yang berbentuk cairan dengan kandungan berbagai macam bahan aktif yang berfungsi untuk memelihara dan meremajakan kulit. Kandungan serum yang berbahan aktif ini membuat serum cukup digunakan satu sampai dua pump saja dalam sekali pemakaian karena daya serapnya yang tinggi. Ada beberapa serum yang dapat kamu gunakan sebelum pelembab diantaranya adalah The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution dan N’Pure Centella Asiatica.

7. Mask

Eh katanya serum dulu sebelum pelembab, kok sekarang malah jadi pakai masker? Eits tenang dulu, step ini dikhususkan bagi kamu yang memakai sheet mask. Biasanya lembaran sheet mask terbuat dari kertas atau pulp kelapa dengan tambahan vitamin, serum, hingga mineral. Ada beberapa alasan mengapa sheet mask menjadi favorit dibanding masker yang lain yaitu sheet mask lebih praktis dan mudah dibawa kemana pun kemudian lebih efektif untuk merawat kulit serta tidak perlu dibilas sehingga dapat langsung mengaplikasikan produk skincare yang lainnya.

Step ini bisa kamu lewati apabila kamu sedang tidak menggunakan sheet mask. Berikut ini rekomendasi sheet mask yang bisa kamu coba yang pertama adalah Emina Masquerade Face Mask dan Garnier Serum Mask Hydra Bomb.

8. Eye Care

Serum dulu atau pelembab dulu? Jawabannya serum tapi abis itu pakai masker setelah itu kok pakai eye care? Yap betul sekali, step eye care ini juga merupakan salah satu step yang terpenting dalam rangkaian skincare. Buat kamu yang memiliki permasalahan kantung mata yang besar dan hitam wajib banget untuk menggunakan produk eye care seperti eye serum dan eye gel.

Eye serum dengan kandungan Hyaluronic Acid berfungsi untuk menambah kelembaban kulit bawah mata, menambah elastisitas  kulit dan meningkatkan hidrasi di kulit bawah mata. Eye serum memiliki tekstur yang lebih cair dibandingkan eye gel namun fungsinya masih tetap sama yaitu mengurangi kantung mata yang besar dan hitam serta mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream dan SNP Red Ginseng Energy Eye Cream merupakan dua rekomendasi eye cream teirbaik yang bisa kamu coba.

9. Pelembab

Step penting selanjutnya adalah moisturizer atau pelembab. Produk ini digunakan setelah produk serum dan eye cream atau sebagai produk protecting dan menjaga skincare yang telah dipakai sebelumnya. Tentunya pelembab merupakan produk yang berfungsi untuk menghidrasi kulit wajah agar kulit wajah tidak terasa kering dan tampak lebih halus. Pelembab bekerja dengan cara menyegel atau mencegah air keluar dari permukaan kulit wajah sehingga wajah kamu tetap terasa lembab seharian. Berikut ini rekomendasi pelembab yang perlu kamu coba yaitu Sebamed Clear Face Care Gel dan Natur-E Daily Face Cream.

10. Sleeping Mask/Sun Cream

Setelah menggunakan produk serum dan pelembab, kamu juga membutuhkan proteksi lebih terhadap skincare yang telah kamu pakai. Apabila kamu memakai skincare di pagi hari pada step terakhir kamu harus mengaplikasikan Sun Cream yang berbentuk sunblock atau sunscreen. Namun ketika kamu sedang berada di malam hari produk proteksi yang perlu kamu pakai adalah Sleeping mask.

Pada dasarnya kedua produk ini memiliki manfaat yang sama yaitu sebagai proteksi atau perlindungan kulit wajah, sunscreen sebagai tabir surya yang melindungi wajah dari sinar UVA dan UVB sedangkan sleeping mask menjadi proteksi kelembaban dan mengkunci skincare yang telah diaplikasikan sebelumnya. Biore UV Aqua Rich Watery Essence dan Emina Aqua Infused Sleeping Mask merupakan dua produk yang worth buat dicoba!

Lihat juga : Join komunitas kecantikan disini 

Jadi, itu dia jawabannya mengenai penggunaan serum dulu atau pelembab dulu. Menggunakan step urutan skincare yang benar dapat membantu skincare kamu bekerja dengan baik sehingga hasilnya dapat terlihat dengan cepat. Alasan mengapa kita perlu menggunakan serum dulu sebelum pelembab karena serum merupakan produk skincare yang difungsikan untuk treatment sementara pelembab merupakan produk skincare yang difungsikan untuk proteksi atau penjagaan. Jangan sampai salah lagi ya!

Comments

comments