Serum atau Krim Dulu ? Ini Cara Pemakaian dan Perbedaan Manfaatnya

3 min read

Serum atau Krim dulu Falabelle Official

Produk skincare memang berbagai macam dan memiliki manfaatnya masing-masing. Seperti dua produk ini yaitu serum dan krim, sekilas produk ini memiliki fungsi yang sama sehingga banyak orang bertanya-tanya memakai serum atau krim dulu ya? Namun apabila diperhatikan lebih jauh ternyata produk ini terdapat banyak perbedaan mulai dari manfaatnya, kandungannya, teksturnya dan masih banyak lagi. Lalu yang benar memakai serum atau krim dulu ya? Atau boleh salah satunya saja? Sebaiknya kamu mempertimbangkan produk skincare yang akan kamu pakai ya, karena yang paling penting adalah menggunakan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulitmu. 

Serum atau krim dulu falabelle official Perbedaan Serum dan Krim

Perbedaan yang sangat jelas terlihat pada serum dan krim adalah melalui tekstur produknya. Biasanya produk serum memiliki tekstur yang kental, berbentuk gel, agak lengket dan tidak berwarna atau memiliki warna yang bening. Serum juga memiliki cairan yang cenderung kental dibandingkan essence hal ini disebabkan karena serum memiliki bahan kandungan aktif dibanding beberapa produk skincare lainnya. Sementara krim memiliki tekstur yang jauh lebih kental dari serum dan merupakan bagian dari pelembab. Tekstur yang dimiliki krim ini biasanya terjadi akibat memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga cocok untuk kulit wajah yang memiliki tipe normal cenderung kering. 

Perbedaan tekstur dari serum dan krim ini bisa dapat kamu jadikan acuan untuk kebutuhan serta permasalahan kulitmu. Tidak hanya manfaat dan kandungan yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih produk serum dan krim namun mempertimbangkan tekstur juga penting. Perbedaan tekstur juga menandakan bahwa adanya perbedaan kandungan dan bahan aktif dalam suatu produk. Tekstur serum yang sedikit lebih cair dibandingkan krim sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat dan tekstur krim yang padat serta berwarna cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit kering.

Manfaat Serum dan Krim

Setelah kita mengetahui perbedaan serum dan krim selanjutnya kita akan membahas berbagai manfaat yang terkandung apabila kamu menggunakan produk serum atau krim. Pada dasarnya serum memiliki konsentrasi bahan aktif, adanya kandungan bahan aktif ini menjadi salah satu keunggulan serum dibandingkan produk skincare lainnya.

Serum juga sering kali disebut sebagai booster karena difungsikan untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu. Contohnya apabila kamu memiliki permasalahan kulit seperti jerawat atau permasalahan penuaan dini maka produk yang efektif untuk kamu gunakan adalah acne serum dan anti aging serum. Hal ini menyebabkan harga serum di pasaran jauh lebih mahal dibandingkan produk skincare lainnya termasuk juga krim wajah.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa krim wajah memiliki kandungan minyak yang cukup banyak sehingga krim wajah difungsikan untuk melembabkan atau menghidrasi kulit secara lebih mendalam. Pada umumnya, krim wajah dijual dengan dua macam yaitu krim pagi dan krim malam. Krim wajah untuk pagi hari mengandung proteksi dari tabir surya atau sinar UVA dan UVB sehingga praktis kamu gunakan tanpa perlu menggunakan produk sunscreen setelahnya. Sementara krim wajah yang dikhususkan untuk malam hari juga mengandung proteksi yang kurang lebih sama dengan fungsi sleeping mask yaitu mempertahankan atau mengunci skincare yang telah diapply sebelumnya. 

Cara Penggunaan Serum dan Krim

Jadi bagaimana cara penggunaanya? Serum atau krim dulu? Pada dasarnya kamu bisa mengkombinasikan kedua produk ini dalam satu urutan skincare pagi atau urutan skincare malam. 

  • Pertama-tama bersihkan wajahmu dari sisa makeup atau kosmetik yang kamu pakai pada siang hari atau ketika pagi hari kamu tetap perlu membersihkan wajah dari sisa residu minyak menggunakan micellar water atau makeup remover.
  • Setelah itu dilanjutkan dengan step cleansing setelahnya yaitu facial wash. Setelah membersihkan wajah dari sisa makeup dan minyak kamu dapat melanjutkan dengan produk skincare selanjutnya yaitu hydrating toner, hydrating toner berfungsi untuk mengembalikan pH kulit yang tidak stabil setelah menggunakan facial wash, toner juga digunakan sebelum kamu menggunakan serum agar produk serum yang digunakan terserap dengan baik di wajah. 
  • Masuk pada bagian penting dari tahapan rangkaian skincare pagi atau tahapan rangkaian skincare malam yaitu sesi treatment menggunakan serum. Serum wajah kamu gunakan setelah produk toner dan sebelum menggunakan pelembab atau krim.
  • Urutan penggunaan rangkaian skincare ini dapat kamu sesuaikan dengan masing-masing tekstur produk dari yang paling cair hingga yang paling kental. Cara menggunakan serum cukup mudah hanya dengan 2 hingga 3 pump saja untuk wajah kamu sudah bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Tahapan yang selanjutnya setelah menggunakan serum dan sebelum mengaplikasikan krim wajah kamu membutuhkan pelembab. Walau kamu ingin memakai krim, produk pelembab juga penting untuk dipakai di rangkaian skincare sehari-hari karena pelembab merupakan produk yang memicu hidrasi kulit sehingga dapat terasa sehat dan lembab.
  • Setelah produk pelembab dan serum baru kamu bisa mengaplikasikan krim pagi atau krim malam. Produk krim malam atau krim pagi menjadi rangkaian skincare yang terakhir karena teksturnya thick dan berat, oleskan sedikit atau secukupnya krim malam ke wajahmu karena apabila pengaplikasiannya terlalu banyak maka akan menyumbat pori-pori kamu dan menimbulkan jerawat.

Rekomendasi Serum dan Krim

Nah setelah tahu bagaimana cara mengaplikasikan serum dan krim yaitu memakai serum dulu sebelum krim, sekarang ada rekomendasi produk serum atau krim yang bisa kamu coba. Rekomendasi ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan kulitmu. Ingat ya penting untuk menentukan produk yang cocok bukan hanya ikut-ikutan hype saja!

1. Rekomendasi Krim Malam

  • Mineral Botanica Acne Care Night Cream
  • Safi White Expert Replenishing Night Cream
  • La Tulipe Precious Night Cream
  • Pixy White Aqua Gel
  • Olay Regenerist Micro-sculpting Cream Night

2. Rekomendasi Krim Siang

  • Avoskin Intensive Divine Day Cream
  • Garnier Sakura White Day Cream
  • L’Oreal Paris White Perfect Clinical Day Cream
  • Innisfree Whitening Pore Day Cream
  • Ertos Why Acne Day Cream
  • Nivea Makeup Starter White Daycream SPF 15

3. Rekomendasi Serum

  • Lakme Argan Oil Radiance
  • The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution
  • Pixi Overnight Glow Serum
  • Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum
  • Laneige White dew Original Ampoule Essence

Baca juga : Join komunitas kecantikan dapatkan update infonya 

Nah itu dia penjelasan mengenai produk serum dan krim malam, mulai dari menjawab pertanyaan pakai serum atau krim dulu hingga rekomendasi yang menarik sesuai dengan kebutuhan kamu. Mulai dari sini kamu sudah bisa mempertimbangkan ya apa saja produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan tipe kulit wajahmu. Dengan hanya melihat nama rekomendasi di atas kamu sudah bisa mengira-ngira produk ini dikhususkan untuk mengatasi permasalahan kulit serta perawatannya seperti apa sehingga memudahkan kamu untuk menentukan pilihan krim atau serum yang mana yang akan kamu beli nantinya. 

Comments

comments