raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.

Ketahui Sabun Cuci Muka Sesuai dengan Jenis Kulit

2 min read

Ketahui Sabun Cuci Muka Sesuai dengan Jenis Kulit Falabelle Official

Sabun cuci muka memanglah sangat penting untuk kita gunakan karena sabun cuci muka bermanfaat untuk mengangkat kotoran atau polusi yang ada di kulit wajah kita. Untuk orang yang sering beraktivitas di luar rumah tentunya banyak paparan kotoran dari polusi atau lingkungan bahkan yang di dalam rumah pun ada sedikit kotoran yang menempel karena jika kotoran tidak diangkat akan menyebabkan masalah pada kulit misalkan jerawat, pori – pori tersumbat dan bruntusan. Dalam hal ini perlukah sabun cuci muka ? apakah cocok untuk kulit ? Lalu bagaimana cara memilih sabun cuci muka sesuai jenis kulit ?

Memilih sabun cuci muka memang lah sangat penting untuk kita tetapi lebih baik lagi kita mendapatkan sabun cuci muka yang cocok sesuai jenis kulit karena pastinya setiap orang berbeda jenis kulitnya. Nah untuk itu pentingnya mengetahui sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit, diantaranya :

Cara mengetahui sabun cuci muka sesuai jenis kulit :

1. Sabun Cuci Muka untuk Kulit yang Sensitif

Kulit sensitif yaitu kulit yang rentan mengalami masalah seperti iritasi dan dermatitis kontak. Dermatitis kontak yaitu zat – zat tertentu yang ada di  dalam kosmetik ataupun produk perawatan wajah. Biasanya kulit sensitif jika mengalami salah memakai produk atau terkena iritasi ciri – cirinya yaitu pembuluh darah yang halus tampak ada di wajah dan biasanya ada di daerah pipi.

Nah untuk kalian yang memiliki kulit sensitif sebaiknya gunakan sabun cuci muka yang tidak mengandung hypoallergenic  atau artinya yaitu zat yang menyebabkan alergi, tidak mengandung pewangi karena pewangi dapat menyebabkan alergi dan tidak mengandung bahan alkohol, benzoil peroksida dan sulfat karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Contoh beberapa merk produk yang tidak mengandung bahan itu semua seperti cetaphil, senka perfect, hada labo dan sensatia botanicals.

2. Sabun Cuci Muka untuk Kulit yang Kering

Orang yang memiliki masalah ini biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada lapisan luar sel pada kulit dengan kurangnya kelembaban itu mengakibatkan kulit menjadi terasa terlalu kencang, bersisik, terasa kasar dan juga bahkan bisa membuat kulit kalian terlihat kusam. Oleh karena itu kalian membeli sabun cuci muka yang tidak mengandung bahan seperti detergen/ SLS karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kalian, asam salisilat, asam glikolat, alkohol dan bahan anti bakteri.

Nah ini ada beberapa merk produk sabun cuci muka yang cocok untuk kulit kering yaitu, Dove Beauty Moisture Facial Foam, The Body Shop Vitamin E Face Wash dan Innisfree Olive Real Cleansing Foam karena memiliki wajah yang kering di sarankan di dalam kandunganya terdapat vitamin E, minyak jojoba, gliserin dan urea itu semua dapat melembapkan sel kulit yang ada di dalam serta mengurangi kadar air yang hilang pada kulit wajah.

3. Sabun Cuci Muka untuk Kulit yang Berminyak

Kulit berminyak artinya memproduksi sebum yang sangat berlebihan oleh kulit. Akibat memiliki kulit yang berminyak pada wajah makan akan terlihat mengkilap namu permasalahannya pori – pori akan terlihat besar dan juga lebih rentan terkena masalah pada kulit yaitu jerawat.

Untuk kalian yang memiliki kulit berminyak sangat disarankan untuk memilih kandungan yang ada di dalam produknya yaitu, retinol, asam salisilat, asam glikolat dan niacinamide. Ini beberapa produk yang bisa kalian gunakan seperti, The Body Shop tea tree facial wash, Senka perfect whip fresh, Hada Labo Tamagohada Mild Peeling AHA/BHA dan Himalaya purifying neem face wash.

Baca juga : Facial wash untuk kulit kombinasi 

Itu dia 3 jenis kulit serta kandungan apa saja yang harus kalian hindari dan yang di sarankan yang ada dalam produk sabun cuci muka itu sendiri. Kenali terlebih dahulu jenis kulit kalian lalu pahami artikel ini dan jangan salah menggunakan produk yang tidak cocok dengan jenis kulit kalian.

Comments

comments

raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.