alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.

Prediksi WHO, Kapan Pandemi Covid Berakhir? Simak Penjelasannya

1 min read

Prediksi WHO kapan pandemi berakhir Falabelle Official

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa pandemi Covid-19 akan berlangsung cukup lama. Hingga saat ini (23/02/2021), lebih dari 112 juta terkonfirmasi virus Covid-19 dan dengan jumlah kematian 2,48 jiwa. Prediksi WHO Covid-19 berlangsung sekitar 4-5 tahun dengan cangkupan vaksin. Namun, direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) regional Eropa, Hans Kluge menyatakan bahwa pandemi Covid-19 akan berakhir di tahun 2022.

Hans Kluge mengatakan bahwa di beberapa negara tidak akan berpengaruh dengan adanya vaksin Covid yang sedang dikembangkan. Banyak negara di dunia yang mungkin sudah mengatasi Covid-19 dengan kebijakannya masing-masing. Menurutnya, Covid-19 lebih mudah dikelola daripada tahun 2020 saat pertama kali munculnya virus tersebut. Dikutip dari Anadolu Agency, Kluge menyatakan bahwa mutasi Covid-19 akan terus dilaporkan oleh sejumlah negara dan tampaknya tidak ada pengaruh vaksin yang sedang dikembangkan. Selain itu, Kepala Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dampak dari virus pandemi Covid-19 ini akan terasa lama. Banyak kasus baru yang muncul di sejumlah negara.

Di Indonesia sendiri kasus ini terus meningkat dan jumlah kematian terus bertambah. Saat ini jumlah yang terkonfirmasi virus Covid-19 di Indonesia yaitu 1,3 juta kasus dengan jumlah sembuh 1,1 jiwa dan jumlah kematian 35.014. Dalam hal ini pemerintah sudah melakukan upaya semaksimal mungkin melalui 3T yaitu testing, tracing, dan treatment terhadap Covid-19. Pemerintah sudah berusaha mencukupi SDM dan logistik dalam memenuhi kebutuhan tracing dan testing.

Dilansir dari Covid19.go.id dalam memenuhi kebutuhan tracing, pemerintah sudah mengoptimalisasi dengan menyiapkan 10.166 surveilans puskesmas dan 5.899 petugas tracer. Jumlah ini akan terus ditambah lagi oleh pemerintah Indonesia agar tetap berjalan secara optimal. Sumber daya tersebut juga akan didistribusikan dengan kebutuhan daerah masing-masing agar testing berjalan secara maksimal dan target penelusuran mencakup luas. Berita ini dikutip dari healthdetik.

Nah, guys untuk saat ini yang terpenting adalah mematuhi protokol kesehatan ya. Selain itu kamu juga harus mengenali gejala Covid-19. Berikut penjelasan terkait Covid-19 yang dilansir dari kompas.com :

Gejala infeksi virus corona yang sering terjadi yaitu :

  • Demam
  • Batuk Kering
  • Kehilangan bau dan rasa

Adapun gejala spesifik yang kadang muncul yaitu :

  1. Pilek
  2. Nyeri otot
  3. Sakit tenggorokan
  4. Kelelahan
  5. Sesak napas
  6. Sakit kepala
  7. Radang paru-paru

Dan gejala Covid-19 yang jarang terjadi yaitu :

  1. Diare
  2. Ruam pada kulit

Selain itu, menurut Robert Koch Institute masa inkubasi Covid-19 berkisar antara 5-6 hari dan bisa sampai 14 hari. Mereka yang sakit atau memiliki gejala di atas tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas diluar dan harus melakukan isolasi mandiri. Namun, untuk meyakinkan diagnose sebenarnya kamu bisa periksa ke dokter agar lebih akurat dan tidak membuat cemas.

Proses penularan virus covid-19 yaitu dari percikan air yang berasal dari orang yang terinfeksi virus tersebut saat batuk, berbicara, berteriak atau pun bernyanyi. Oleh karena itu, kamu harus selalu jaga jarak minimal 1,5 meter dengan lawan bicara kamu.

Nah, berikut beberapa langkah untuk mencegah penularan virus covid-19 :

  1. Jaga jarak dengan orang lain
  2. Kenakan masker ketika beraktivitas
  3. Patuhi protokol kesehatan
  4. Melakukan isolasi cepat orang-orang yang di tes positif

Baca juga : Menjaga kesehatan tubuh dengan menu sarapan sehat 

Jadi guys berhubung prediksi WHO virus covid-19 ini masih akan berlangsung beberapa tahun kedepan. Kamu tetap harus waspada dan menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19. Stay safe everyone!:).

Comments

comments

alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.