Facial Wash atau Cleanser dulu? Berikut Langkah untuk Membersihkan Wajah Yang Benar

3 min read

Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih merupakan idaman setiap orang, baik pria atau wanita. Apalagi, jika kamu sering beraktivitas seharian diluar rumah, wajah akan dipenuhi bakteri-bakteri yang dapat memicu berbagai masalah pada kulit seperti jerawat, kusam, berminyak dan iritasi. Oleh karena itu perawatan kulit yang rutin merupakan hal yang wajib dilakukan agar kulit tetap bersih dan terjaga kesehatannya. 

Banyaknya produk skincare yang beredar dipasaran, menjadi peluang kamu untuk merawat kulit secara maksimal. Tetapi hal ini juga memicu kesulitan untuk menemukan produk yang cocok untuk kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Tak hanya itu, terkadang kamu pun akan kesulitan dan bingung untuk mengaplikasikan produk dengan urutan yang tepat sehingga dapat mengganggu proses perawatan rutin kulit kamu.

Nah! Dari banyaknya produk skincare yang ada, Facial Wash dan Facial Cleanser merupakan skincare yang sering di salah artikan sebagai produk yang sama, sehingga banyak yang salah langkah dalam pengaplikasiannya ke kulit. Tak hanya facial wash dan cleanser tetapi jenis skincare lainnya seperti toner, serum, moisturizer dan sunscreen juga masih banyak orang yang salah dalam urutan pengaplikasiannya.

 

Berikut langkah skincare yang tepat untuk membersihkan wajah kamu secara maksimal :

 

  1. Awali dengan Cleanser atau Make-up Remover

 

Untuk penggunaan skincare yang benar, kamu bisa awali dengan menggunakan produk facial cleanser untuk membersihkan kulit kamu. Langkah ini merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum memulai penggunaan skincare lainnya, karena efeknya yang mampu membersihkan wajah dari kotoran, minyak dan noda yang menempel pada kulit wajah setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Tak hanya Kotoran dan minyak, tetapi facial cleanser juga mampu membersihkan kotoran sisa make-up seperti eyeliner, maskara, lipstik, foundation dan produk lainnya yang sulit dibersihkan jika hanya dibasuh dengan air. Kamu pun bisa menggunakan make up remover sebagai alternatif dalam mengangkat kotoran sisa make-up serta sel kulit mati agar kamu bisa dapatkan hasil yang maksimal untuk proses skin care kamu.

Dengan menggunakan cleanser dan make-up removal kamu telah melakukan double cleansing sehingga efeknya pun lebih maksimal. Dengan melakukan double cleansing setiap hari, kulit kamu pun akan terasa lebih lembab, segar dan terlihat lebih bersih. Selain itu, double cleansing juga mampu menyiapkan kulit kamu untuk pengaplikasian produk selanjutnya agar dapat bekerja lebih efektif untuk perawatan kulit kamu.

 

  1. Bersihkan Wajah dengan Facial Wash atau Facial Foam

 

Setelah mengaplikasikan cleanser pada wajah, kamu bisa mencuci wajah mu dengan Facial Wash atau Facial Foam. Kamu bisa memilih jenis produk yang cocok dan sesuai dengan kondisi kulit kamu, apakah kulit kamu berjerawat, kering, berminyak dan sensitif. Dengan kandungan dan fungsi yang tepat, akan mempercepat proses perawatan kulit kamu sehingga hasil yang didapat pun lebih optimal.

Jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif dan berjerawat, maka kamu bisa gunakan facial wash yang menggunakan bahan alami dan tidak mengandung busa di dalamnya. Dengan tekstur dan bahannya yang ringan, facial wash mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit sensitif serta membersihkan kotoran dan melindungi kulit dari bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Jika kamu memiliki jenis kulit yang kusam dan berminyak, maka kamu bisa gunakan facial foam dengan busa yang efektif mengontrol kadar minyak berlebih pada kulit, kamu juga bisa memilih facial foam yang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit wajah kamu sehingga kulit kamu terlihat lebih glowing. Facial Foam juga dapat kamu gunakan sebagai alternatif untuk membersihkan kotoran bekas make-up selain cleanser.

 

  1. Pengaplikasian Toner

 

Langkah setelah membersihkan wajah, yaitu pengaplikasian toner ke kulit kamu. Langkah ini merupakan hal yang esensial karena dapat mempercepat proses perawatan kulit kamu menjadi lebih sehat dan optimal. Dengan pengaplikasian toner yang cocok, produk akan lebih efektif untuk mengangkat sel-sel kulit dan menghidrasi kulit pada wajah kamu sehingga kulit terjaga kelembabannya.

Selain itu, kamu bisa memilih toner jenis exfoliating dengan kandungan lactic acid dan atau salycid acid. Hal ini dikarenakan fungsi kedua acid yang efektif membersihkan wajah secara menyeluruh sehingga terhindar dari bakteri-bakteri pemicu munculnya jerawat di kulit wajah. Tetapi, perlu diingat untuk tidak mengusapnya terlalu kencang dan cukup menepuknya untuk pengaplikasian agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

 

  1. Mengaplikasikan Serum Wajah

 

Dengan penggunaan yang mirip seperti toner, pengaplikasian serum pun cukup efektif dalam perawatan rutin kulit kamu agar memberikan hasil yang kamu inginkan menjadi lebih cepat dan optimal. Serum pada wajah dapat menutrisi kulit, mencerahkan serta menjaga keelastisan kulit kamu sehingga dapat menunda penuaan serta membuat wajah kamu terlihat lebih muda.

 

  1. Melembabkan Kulit dengan Moisturizer

 

Setelah penggunaan Toner atau serum wajah akan cenderung mengering sehingga dibutuhkan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari iritasi yang dapat memperburuk kondisi kulit kamu. Dengan penggunaan moisturizer, kulit kamu akan menjadi lebih cerah dan lembab. Selain itu, kandungan vitamin didalamnya mampu meremajakan kulit kamu sehingga tampak awet muda.

Tak hanya itu, moisturizer juga memiliki fungsi yang hampir mirip dengan produk skincare lainnya untuk mengatasi masalah kulit seperti noda hitam, jerawat dan kulit kering. Kuncinya kamu perlu menggunakan moisturizer yang tepat sesuai dengan kondisi kulit kamu, dengan begitu produk moisturizer tersebut akan bekerja lebih efektif dan dapat melembabkan wajah kamu secara maksimal.

 

  1. Sunscreen untuk Melindungi Kulit di Pagi Hari

 

Jika kamu menggunakan skincare di pagi hari maka kamu wajib menggunakan sunscreen sebagai penutup skincare rutin kamu agar kulit kamu terlindungi dari sinar UV atau sinar matahari yang dapat merusak kulit kamu. Walau moisturizer sebenarnya memiliki kandungan dengan fungsi yang sama, hasil yang diberikan tidaklah optimal jika dibandingkan dengan kandungan sunscreen yang lebih maksimal.

Menurut ahli penyebab timbulnya jerawat juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung karena dapat mengeringkan kulit kamu dan memicu iritasi, oleh karena itu sunscreen menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kulit kamu. Tak hanya itu, sunscreen mampu mengencangkan kulit kamu karena proteksi nya dari sinar uv yang dapat memberikan kerutan pada kulit jika terpapar pada waktu yang lama.

 

  1. Eye Cream untuk Malam Hari

 

Jika kamu menggunakan skincare di malam hari maka kamu wajib menggunakan produk skincare night routine yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit sebelum tidur. Produk skincare malam hari salah satunya adalah eye cream. Eye Cream merupakan produk skincare yang memiliki fungsi untuk merawat kesehatan kulit di sekitar mata dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti kantung mata dan kerutan disekitar kulit mata.

Baca Juga : Facial Wash Vs Facial Cleanser, Ketahui Perbedaanya

Nah itulah langkah-langkah dalam menggunakan skincare yang benar agar wajah menjadi lebih bersih dan terjaga kesehatannya. Jadi, apakah pertanyaan soal facial wash atau facial cleanser lebih dulu sudah terjawab? Yap betul! Urutan yang benar adalah mengaplikasikan cleanser terlebih dahulu lalu baru diikuti dengan penggunaan facial wash setelahnya. Jadi, Jangan bingung-bingung lagi ya!

Comments

comments