siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif

Kapan Sebaiknya Serum Digunakan ? Cek Disini Waktu Tepatnya

3 min read

Merawat kulit wajah dengan memakai skincare khususnya serum kini sudah menjadi ritual yang wajib dilakukan, khususnya oleh kaum wanita. Merawat kulit pada dasarnya cukup dengan basic skincare saja, yaitu pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya. Ketiga rangkaian skincare tersebut sudah cukup memberikan nutrisi pada kulit wajah. Namun, semakin bermunculan masalah kulit wajah seperti kulit kusam, bruntusan, jerawat, kemerahan, bahkan iritasi pada wajah. 

Hal tersebut menyebabkan melonjaknya kebutuhan akan skincare yang dapat bekerja lebih cepat daripada basic skincare, yaitu serum. Serum berperan sebagai nutrisi lebih yang memberikan banyak manfaat bagi setiap permasalahan kulit. Tak jarang karena perannya yang menguntungkan kulit wajah, sudah banyak kaum pria yang berbondong-bondong mulai sadar menggunakan rangkaian skincare khususnya serum. 

Kapan sebaiknya waktu terbaik menggunakan serum

Namun, dibalik ketenaran serum yang dielu-elukan para beauty enthusiast tak jarang bahwa masih saja ada yang keliru dalam menggunakan serum. Terutama bagi para pemula, kadang mereka asal pakai tidak membaca aturan pakai, tidak mengumpulkan informasi lebih banyak mengenai serum itu sendiri. Maka tak heran jika kulit wajah masih belum menunjukan tanda-tanda perubahan ke yang lebih baik. Oleh sebab itu, muncul pertanyaan kapan sebaiknya serum digunakan? Simak berikut ini. 

Berikut ini waktu terbaik menggunakan serum

1. Waktu Pagi Sebelum Beraktivitas Setiap Hari

Melaksanakan ritual pemakaian skincare dianjurkan cukup dua kali dalam sehari, begitupun serum. Umumnya hampir semua jenis serum mempunyai aturan pakai dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Sebaiknya sebelum kamu memulai aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan skincare harus tetap digunakan. Disarankan gunakan skincare yang terdapat kandungan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV, debu, dan polusi. 

Kamu bisa memilih produk serum yang terdapat kandungan antioksidan di dalamnya. Karena, antioksidan berperan extra dalam melindungi kulit wajah dari faktor luar yang berpotensi merusak kulit wajah. Selain itu antioksidan juga berperan dalam menjaga elastisitas kulit dan manfaat lainnya. Serum umumnya digunakan pada pagi dan malam hari, namun sebagai rekomendasi kamu bisa memakai serum yang memiliki kandungan yang bisa digunakan di pagi hari di bawah ini:

  • Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid sering jadi incaran terutama para pemilik kulit kering. Karena, manfaatnya yang ampuh memberikan kelembaban secara maksimal pada kulit wajah. Bahkan hyaluronic acid diyakini lebih ampuh daripada serum berjenis polymer alami lainnya. Kulit yang lembab karena terhidrasi oleh hyaluronic acid akan memberikan dampak positif pada kulit seperti mengurangi garis halus dan memperbaiki tekstur kulit. Yang terpenting adalah memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu melawan radikal bebas. Tentu dengan manfaat tersebut hyaluronic acid cocok dipakai pagi hari. 

  • Vitamin C

Umumnya serum yang mengandung bahan aktif vitamin C disarankan memakainya pada pagi hari. Pemakaian serum vitamin C pada pagi hari diyakini dapat mempercantik wajah dan hasil make-up. 

Namun vitamin C yang bisa digunakan pada siang hari adalah serum vitamin C yang sifatnya fotoprotektif. Yang berarti serum vitamin C yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari radikal bebas serta dapat digunakan di pagi hari sebelum memulai aktifitas. 

  • Vitamin E

Serum yang mengandung Vitamin E memiliki khasiat serupa dengan kandungan Vitamin C. Kandungan vitamin E memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat menutrisi kulit wajah dengan baik. Serum dengan kandungan vitamin E dapat digunakan pada pagi hari. Karena, dikenal mampu memberikan perlindungan terhadap sinar matahari langsung. 

  • Green Tea

Serum dengan kandungan green tea diyakini dapat merawat kulit yang berjerawat serta dapat mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah. Nah, kamu yang saat ini sedang mengalami masalah jerawat bisa menggunakan serum green tea di pagi hari. Karena, green tea juga mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan begitu kulit wajah akan terasa nyaman beraktivitas seharian dengan manfaat green tea yang mampu merawat kulit berjerawat. 

  • Niacinamide

Bahan aktif yang saat ini sedang digemari karena dapat mengatasi beberapa permasalahan kulit wajah. Seperti mengatasi kulit kusam, memudarkan noda hitam, merawat kulit berjerawat, memperbaiki skin barrier dan masih banyak lagi. Serum dengan kandungan niacinamide bisa digunakan pada pagi hari karena manfaatnya yang mampu melindungi kulit wajah dari berbagai faktor luar yang membahayakan. Seperti sinar matahari, debu dan polusi udara. 

2. Waktu Malam Menjelang Tidur Setiap Hari

Kapan sebaiknya serum digunakan selain pagi hari adalah waktu malam menjelang tidur. Malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Mengapa demikian? Karena, proses pengangkatan sel kulit mati dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Kulit akan mudah terbakar bahkan sampai iritasi jika mengangkat sel kulit mati dilakukan pagi hari. Malam hari juga merupakan waktu yang paling efektif untuk menutrisi kulit karena terjadinya proses regenerasi. Beberapa bahan aktif di bawah ini efektif digunakan pada malam hari. 

  • Hyaluronic Acid

Dikarenakan fungsinya yang dapat memberikan kelembaban maksimal pada kulit wajah. Serum dengan bahan aktif hyaluronic acid bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Karena, kulit wajah membutuhkan kelembaban sepanjang hari.

  • Hydroquinon

Melalui cara kerjanya yang dapat mengurangi proses pembentukan melanin. Serum dengan kandungan bahan hydroquinon berpotensi membuat kulit menjadi sensitif terhadap paparan sinar matahari langsung. Karenanya, lebih efektif  jika digunakan pada malam hari. 

  • Niacinamide

Bahan aktif yang memiliki berbagai manfaat untuk permasalahan kulit ini, selain digunakan pada pagi hari niacinamide juga bisa digunakan rutin pada malam hari menjelang tidur. Namun hindari digunakan pada malam hari berbarengan dengan serum vitamin C.

  • Vitamin C

Jika serum vitamin C yang sifatnya fotoprotektif dapat digunakan pada pagi hari. Serum vitamin C yang hanya dapat digunakan pada waktu malam adalah yang sifatnya fotooksidatif. Artinya jika digunakan pada pagi hari serum akan teroksidasi dan kehilangan manfaatnya.

3. Waktu Malam Setiap 2-3 Kali Dalam Seminggu

Kapan sebaiknya serum digunakan yang terakhir adalah frekuensi lambat yaitu 2-3 kali dalam seminggu. Serum ini biasanya berfungsi untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Karena konsentrasinya yang tinggi dan dapat menyebabkan iritasi disarankan memakainya secara bertahap. Contoh seminggu sekali, 3 hari sekali, terakhir 2 hari sekali. Dibawah ini adalah contoh kandungan bahan aktifnya.

  • AHA /BHA

Bahan aktif AHA/BHA diyakini dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada wajah hingga ke pori-pori terdalam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan secara bertahap pada malam hari. Jangan lupa menggunakan tabir surya pada pagi harinya. Hal itu bertujuan untuk menghindari kulit iritasi akibat kulit kering setelah memakai AHA/BHA.

  • Retinol

Retinol sama fungsinya dengan AHA/BHA yang dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Karena efeknya menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dianjurkan memakai retinol pada malam hari dan menggunakan tabir surya keesokan harinya.

Baca juga : Join komunitas kecantikan dan perawatan wajah 

Itu dia rangkuman tentang Kapan sebaiknya serum digunakan?  Semoga rangkuman di atas dapat memberikan pengetahuan lebih untuk kamu mengenai skincare khususnya serum. Buat kamu yang masih salah waktu pemakaian serumnya segera perbaiki dan terapkan sekarang juga!

Comments

comments

siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif