alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.

Penyebab Jerawat Di Jidat Dan Cara Mengatasinya Tanpa Harus Ribet

1 min read

jerawat di jidat Falabelle Official

Munculnya jerawat seringkali terjadi karena terjadinya perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih akibat meningkatnya hormon androgen. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang sedang memasuki masa pubertas. Jerawat umumnya muncul pada bagian wajah. Timbulnya jerawat di berbagai spot ternyata disebabkan oleh faktor yang berbeda loh. Jerawat di jidat, jerawat di pipi dan di dagu bisa jadi penyebabnya berbeda.

Jerawat di jidat seringkali terjadi pada setiap orang yang sedang mengalami jerawatan. Tentu hal ini sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir masalah ini bisa diatasi loh. Berikut penyebab jerawat di jidat dan cara mengatasinya :

Baca juga : Masker alami untuk mengatasi kulit kering 

Penyebab jerawat di jidat yang sering terjadi :

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon umumnya menjadi penyebab utama munculnya jerawat di wajah. Hal ini menyebabkan munculnya minyak berlebih yang bisa meningkatkan pori-pori menjadi tersumbat.

 

2. Rambut Kotor Yang Terkena Jidat

Jerawat di area wajah bisa juga disebabkan oleh rambut kotor yang seringkali terkena jidat. Bakteri yang terdapat pada rambut kotor bisa memicu timbulnya jerawat, apalagi bagi kalian yang memiliki rambut berponi. Oleh karena itu, rambut kamu harus tetap bersih dan hindari rambut terkena jidat jika keadaan rambutmu sedang kotor.

 

3. Stress

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah stress berlebih. Stress akan menyebabkan penyumbatan minyak pada folikel rambut. Hindari stress berlebih ya, karena semakin kamu stress maka produksi minyak di wajah akan semakin meningkat yang akan menyebabkan jerawat semakin meradang.

 

4. Iritasi kulit

Iritasi pada kulit juga bisa menyebabkan munculnya jerawat loh. Biasanya iritasi pada kulit terjadi karena penggunaan aksesoris yang mengenai permukaan jidat seperti menggunakan topi.

 

5. Masalah pencernaan

Penyebab lain timbulnya jerawat yaitu karena adanya masalah pada pencernaan. Gangguan pencernaan pada organ dalam seperti kembung dan sembelit juga sangat mempengaruhi munculnya jerawat.

 

6. Eksfoliasi yang berlebih

Eksfoliasi pada kulit wajah umumnya diperlukan karena dapat mengangkat sel kulit mati. Namun, eksfoliasi sebaiknya dilakukan seminggu dua kali. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan juga tidak baik loh, karena bisa menyebabkan iritasi kulit bahkan akan memicu timbulnya jerawat.

Baca juga : Tamanu oil falabelle atasi jerawat dan bekas jerawat 

Nah, bagi kamu yang punya masalah di jidat jangan khawatir ya. Berikut beberapa cara mengatasi masalah jerawat di jidat :

1. Menggunakan obat jerawat yang tepat

Masalah jerawat dapat diatasi dengan menggunakan obat jerawat yang tepat untuk atasi jerawat kamu. Salah satu obat jerawat ampuh yang bisa kamu gunakan adalah minyak tamanu oil. Kandungan senyawa pada tamanu oil bisa membantu mengatasi masalah jerawat, meredakan peradangan pada jerawat dan membuat kulit wajah kamu menjadi bersih dan cerah.

 

2. Melakukan prosedur perawatan

Berbagai prosedur perawatan bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat pada kulit wajahmu seperti treatment atau penggunaan skincare khusus untuk jerawat. Selain itu, hindari penggunaan make up yang berlebih jika kamu sedang mengalami jerawatan ya. Karena make up dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat loh.

 

3. Hindari menyentuh dan memencet jerawat

Jangan menyentuh bahkan memencet jerawat kamu, dengan kamu menyentuh jerawat apalagi saat kondisi tangan kamu sedang kotor akan semakin membuat jerawat kamu semakin meradang dan semakin parah.

Baca juga : Obat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis jerawat 

Nah, sudah tahukan penyebab jerawat di jidat dan cara mengatasinya? Yaps, betul. Memang banyak sekali penyebab jerawat di jidat, tetapi jangan khawatir karena masalah tersebut bisa kamu atasi. Semoga bermanfaat ya!

 

Comments

comments

alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.