Facial Wash Vs Facial Cleanser, Ketahui Perbedaanya

3 min read

Mencuci Wajah merupakan rutinitas wajib untuk menjaga kesehatan kulit kamu sekaligus membersihkan kotoran di wajah agar kulit tampak lebih bersih dan kamu bisa tampil lebih maksimal di tempat umum. Memang wajah yang kusam bisa mengganggu penampilan kamu, oleh karena itu diperlukan produk skincare yang cocok sesuai dengan kebutuhan kulit kamu sehingga wajah bisa terlihat lebih cantik dan natural.

Sekarang ini sudah banyak produk perawatan kulit yang beredar di pasaran, hal ini membuat kamu harus lebih teliti dalam memilih produk yang cocok sesuai masalah kulit yang kamu punya, karena jika kamu salah mengaplikasikan produk dengan kandungan yang kurang cocok dengan jenis kulit kamu, Produk skincare tersebut bisa memicu reaksi alergi dan bisa memperburuk kondisi kulit kamu loh guys!

Nah! Salah satu jenis produk skincare yang cukup umum untuk membersihkan wajah diantaranya adalah Facial Wash dan Facial Cleanser, walau memiliki fungsi yang sama dan terkadang disamakan, ternyata masing-masing produk punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing loh guys! Disini kami akan bahas apa sih bedanya facial wash dan facial cleanser? Lebih baik pilih yang mana ya?

 

Facial Wash

 

Facial Wash atau sabun pembersih wajah merupakan produk skincare yang berbahan dasar air dan memiliki fungsi untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti jerawat, kusam,kering dan kulit sensitif. Facial Wash juga efektif dalam membersihkan kotoran yang berasal dari radikal bebas seperti debu dan polusi udara sehingga cocok untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah seharian.

Facial Wash biasanya diformulasikan dalam 2 bentuk yang berbeda yaitu Gel Facial Wash dan Creamy Facial Wash. Gel Facial Wash, sesuai namanya facial wash satu ini memiliki tekstur seperti gel dan ringan yang menjadikannya cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Selain itu, Formula Gel nya memiliki fungsi untuk memudarkan bekas jerawat dan melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan Creamy Facial wash memiliki tekstur yang creamy seperti moisturizer dan memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit sehingga tetap terjaga kelembabannya. Formula Creamy Facial Wash pun mampu menenangkan iritasi pada kulit sehingga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering. Walau memiliki fungsi yang berbeda, 2 facial wash tersebut sama-sama efektif dalam merawat kulit dengan optimal.

Untuk cara penggunaan facial wash, kamu cukup menuangkan facial wash secukupnya ke telapak tangan lalu usapkan ke wajah dan pijat secara perlahan sampai facial wash meresap ke kulit wajah kamu. Kamu pun bebas untuk membasahi nya dengan air terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke kulit kamu. Usahakan gunakan Facial Wash 2 kali sehari secara rutin untuk bisa merasakan manfaatnya dengan lebih optimal.

 

Facial Cleanser 

 

Sedikit berbeda dengan Facial Wash yang memiliki fungsi utama untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, Facial Cleanser biasanya digunakan untuk menghilangkan sisa riasan di wajah setelah beraktivitas seharian dan efektif untuk mempersiapkan kulit agar pengaplikasian produk selanjutnya lebih optimal. Facial Wash pun terkadang juga bisa dipakai sebelum penggunaan make-up agar tak ada bakteri yang tersisa di kulit.

Selain manfaat diatas, Facial Cleanser juga efektif untuk melembutkan kulit dan menjaga kelembabannya. Teksturnya yang lembut dapat membersihkan wajah dari sisa kotoran make up secara maksimal sehingga tidak terjadi penumpukan produk saat kamu mengaplikasikannya. Untuk cara penggunaan Facial Wash, kamu pun tidak perlu menggunakan air untuk membilasnya dan bisa aplikasikan langsung ke kulit kamu.

 

Facial Wash Vs Facial Cleanser

 

Nah! Dari penjelasan diatas, apakah kamu sudah mengerti perbedaan antara Facial Wash dan Facial Cleanser? Yap! Betul guys! Kedua produk sangat efektif dan memiliki kelebihannya masing-masing dalam merawat kulit kamu agar tetap bersih dan sehat. kamu bisa gunakan facial wash untuk atasi jerawat dan masalah kulit lainnya, lalu kamu bisa aplikasikan facial Cleanser setiap harinya untuk pengaplikasian make-up kamu.

Setelah mengetahui perbedaan antara Facial Wash dan Facial Cleanser, kami akan memberikan contoh masing-masing produk yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih produk yang cocok dan aman sesuai kebutuhan serta jenis kulit kamu. Produk di bawah hanya pendapat pribadi kami dan kamu bebas memilih produk lainnya sesuai selera dan budget kamu ya!

 

Facial Wash Favorit

 

Dr. Erna Facial Wash

(www.shopee.co.id)

 

Facial Wash yang satu ini mengandung ekstrak buah pepaya yang efektif untuk mencerahkan kulit kamu selama pemakain rutin. Facial Wash ini juga mengandung enzim papain yang dapat memudarkan flek hitam dan mengatasi kering pada kulit. Tak hanya itu, kandungan chymopapain nya bekerja melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat dan mengangkat kotoran secara menyeluruh sehingga kulit tampak lebih bersih.

 

Wardah Seaweed Balancing Facial Wash

(www.blibli.com)

 

Sesuai namanya, facial wash satu ini memilki fungsi untuk menyeibangkan pH kulit sehingga efektif mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah. Mengandung ekstrak Seaweed, facial wash ini juga mampu mengangkat kotoran dan bakteri-bakteri yang dapat membuat kulit kusam dan kering. Selain itu, facial wash ini aman digunakan untuk kulit sensitif dan memiliki harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp.13.000. Saja.

Avoskin Aloe Vera Facial Wash

(www.blibli.com)

 

Facial Wash satu ini mengandung ekstrak aloe-vera yang memiliki efek anti-aging dan dapat meremajakan kulit kamu dengan menjaga keelastisan kulit selama pemakaian rutin. Tak hanya itu, Facial Wash ini mengandung Vitamin C dan Vitamin E sehingga efektif memenangkan kulit wajah sehingga terhindar dari iritasi serta melembutkan dan mencerahkan kulit agar wajah terlihat bersih dan bersinar secara natural.

 

Facial Cleanser Favorit

 

CeraVe Foaming Facial Cleanser

(www.lazada.co.id)

 

CeraVe Foaming Facial Cleanser adalah facial wash yang memiliki busa dengan fungsi membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit wajah. Dengan formula ceramide, hyaluronic acid, dan niacinamide facial wash ini efektif untuk membersihkan kotoran sisa make-up sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus melembabkan kulit dengan seimbang tanpa membuatnya berminyak.

 

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Cleansing Foam

(www.bukalapak.com)

 

Facial Cleanser dari The Face Shop ini mampu membersihkan wajah dari kotoran sisa make-up hingga pori-pori mendalam, dengan kandungan Jeju Volcanic Ash facial cleanser ini efektif melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat memperburuk kondisi kulit kamu. Tak hanya itu, Facial Cleanser ini juga mampu mengontrol kadar minyak sehingga make-up kamu tidak akan rusak dan tetap terjaga dari bakteri lainnya.

 

Sulwhasoo Gentle Cleansing Foam

(www.shopee.co.id)

 

Sulwhasoo Gentle Cleansing Foam memiliki ekstrak ginseng sebagai bahan utamanya yang efektif dalam menunda penuaan pada kulit dan menjaga keelastisannya. Facial Cleanser ini mampu mengangkat kotoran pada wajah secara menyeluruh dan memudarkan warna gelap pada kulit serta mencegah bakteri penyebab jerawat. Selain itu, facial cleanser ini juga bekerja sebagai pelembab dengan menghidrasi kulit kamu.

Baca juga : Facial Wash vs Facial Foam

Nah itulah perbedaan dan beberapa rekomendasi facial wash dan facial cleanser yang bisa kamu coba, jadi jangan bingung-bingung lagi ya!

Comments

comments