Jaga Kelembaban Kulit Kamu dengan Facial Wash Kulit Kering Berikut!

3 min read

Selain Kulit Kusam dan Berjerawat, masalah kulit yang cukup mengganggu dan banyak orang alami adalah kulit kering. Kulit kering biasanya disebabkan oleh kulit yang kurang cairan dan mengalami dehidrasi, faktor lingkungan seperti asap kendaraan dan sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan dapat mengundang berbagai masalah kulit lainnya yang memperburuk kondisi kulit kamu.

Sama seperti masalah kulit lainnya, kulit kering perlu dirawat secara cermat dengan produk skincare yang tepat. Sudah banyak jenis skincare di pasaran yang diformulasikan untuk pemilik kulit kering dan bisa kamu coba untuk perawatan kulit kamu setiap harinya. Jenis skincare seperti essence, serum, toner, micellar water dan facial wash merupakan produk yang efektif untuk atasi masalah kulit kering kamu.

Dalam Penggunaan Skincare biasanya dilakukan secara bertahap dan berurutan agar produk dapat bekerja lebih maksimal dengan hasil yang lebih optimal. Nah! Tahapan mencuci muka merupakan tahapan awal yang cukup krusial dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, mencuci muka dengan facial wash dapat membersihkan kulit kamu dari penumpukan kotoran dan mempersiapkan kulit untuk produk skincare selanjutnya.

 

Kulit Kering

 

Kulit kering merupakan kondisi dimana lapisan kulit paling atas (epidermis) hanya memiliki sedikit kelembaban dan kondisi sebum memiliki skin-barrier yang lemah. Hal tersebut menyebabkan kondisi kulit menjadi mengelupas, pecah-pecah dan bersisik. Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti asap kendaraan, sinar matahari dan gaya hidup yang tidak seimbang.

 

Penyebab Kulit Kering :

 

  1. Jarang Minum Air Putih

Kulit kering biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Oleh karena itu, kekurangan air putih dalam tubuh bisa menyebabkan kulit kekurangan cairan sehingga kulit tampak lebih kering dan tidak lembab. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan minum air putih sebanyak 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu.

 

  1. Sering Terkena Sinar Matahari

Faktor cuaca seperti sinar matahari dapat menyebabkan kulit kamu mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan karena sinar matahari dapat menembus ke permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan kelembabannya jika berlama-lama terkena sinarnya.

 

  1. Terlalu Lama Mandi dengan Air Hangat

Kebiasaan mandi dengan air hangat terlalu lama dapat membuat kulit menjadi bersisik dan mengering, oleh karena itu kamu disarankan untuk mandi tidak lebih dari 5 menit agar kulit tidak terasa terbakar oleh suhu yang diberikan oleh air hangat dan pastikan juga air yang digunakan tidaklah terlalu panas.

 

  1. Kebiasaan Menggaruk atau Menggosok Kulit

Jika kamu memiliki kebiasaan untuk mengusap wajah dengan handuk setelah mandi, pastikan kamu tidak mengusapnya terlalu kencang dan usaplah secara perlahan. Mengusap wajah terlalu kencang dapat menyebabkan kelembaban kulit berkurang sehingga membuat kulit terasa kering. Tak hanya itu, kulit kamu pun bisa mengalami kemerahan dan gatal jika kulit kamu cenderung sensitif terhadap gesekan pada wajah.

 

  1. Penggunaan Produk dengan SLS

Jika kamu menggunakan produk skincare seperti facial scrub atau produk lainnya yang berbahan deterjen, sebaiknya segera kamu hentikan dan pilih produk lainnya dengan bahan yang alami. Hal ini disebabkan karena Produk berbahan deterjen atau sls memiliki bahan kimia didalamnya yang dapat menghilangkan kelembaban kulit kamu sehingga kulit lebih mudah kering dan terkena iritasi.

 

Gejala Kulit Kering :

  • Kulit mengelupas dan bersisik
  • Kulit terasa gatal
  • Perbedaan warna kulit pada area tertentu
  • Muncul warna putih ketika menggaruk kulit
  • Permukaan kulit tidak rata dan terasa kasar ketika disentuh
  • Kulit terasa kesat dan kencang setelah mandi
  • Kulit yang pecah dapat mengeluarkan darah

 

Rekomendasi Facial Wash Favorit untuk Kulit Kering :

Bioderma Atoderm Gel Douche

(www.shopee.co.id)

 

Bioderma merupakan perusahaan asal perancis yang sudah cukup dikenal di kalangan pecinta skincare Indonesia dengan produk-produknya yang memiliki formula ringan, aman dan rendah terkena iritasi. Salah satunya adalah Bioderma Atoderm Gel Douche satu ini, tanpa kandungan paraben, sabun dan bahan kimia berbahaya lainnya. Facial Wash ini cocok dan sangat aman digunakan untuk kulit kering hingga kulit sensitif.

Dengan Formula Atoderm didalamnya Bioderma Atoderm Gel Douche efektif untuk menjaga kelembaban kulit kamu tanpa memberikan rasa ketarik serta membuat kulit kamu terasa lembut dan segar setelah pemakaiannya. Karena bahannya yang ringan, kamu bisa gunakan facial wash ini setiap hari tanpa perlu khawatir terjadinya iritasi atau alergi yang dapat memperburuk kondisi kulit kamu.

The Body Shop Vitamin E

(www.lazada.co.id)

 

The Body Shop merupakan brand kecantikan asal Brazil peranakan perusahaan kosmetik ternama Loreal yang sudah merajalela sebagai salah satu  produk kecantikan terbesar di Indonesia. The Body Shop sendiri dikenal dengan produk-produknya yang menggunakan bahan alami sebagai kandungan utamanya sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit.

The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash memiliki kandungan wheatgerm oil yang kaya akan vitamin E sehingga efektif dalam membersihkan wajah dan menjadikan kulit tampak lebih cerah setelah pemakaiannya. Selain melembutkan kulit kamu, facial wash ini efektif dalam menjaga kelembaban kulit dengan melindungi kulit dari asap kendaraan dan radikal bebas lainnya yang menjadi penyebab kulit kering.

 

ORIGINS CHECKS AND BALANCE Frothy Face Wash

 

(www.shopee.co.id)

 

Facial Wash terbaik untuk kulit kering selanjutnya datang dari brand Origins Checks and Balances. Facial wash yang satu ini mampu menjaga kelembaban kulit kamu di area yang kering dan mengorntrol kadar minyak berlebih sehingga kulit tampak lebih bersih dan tidak kusam. Dengan kandungan protein dari gandum dan turmalin menjadikan facial wash ini bekerja dengan sangat baik untuk perawatan area kulit yang kering.

Origins Checks and Balances Frothy Face wash memiliki berbagai aroma yang nyaman dan harum saat diaplikasikan ke kulit, yaitu aroma spearmint, lavender dan bergamot. Walau memiliki wewangian, facial wash kulit kering ini aman digunakan untuk tahapan skincare sehari-hari tanpa khawatir memberikan rasa ketarik atau iritasi. Selain itu, Face Wash Origins Check and Balances juga bisa digunakan untuk kulit kombinasi loh!

 

 Pixy White Aqua Gentle Facial Wash 

(www.shopee.co.id)

 

Facial Wash untuk Kulit Kering selanjutnya adalah Pixy White Aqua Gentle Facial Wash. Dengan kandungan hydra active di dalamnya facial wash ini efektif untuk melembabkan kulit kering kamu serta memberikan efek segar setelah pemakaiannya. Selain itu, facial wash ini juga mengandung ekstrak yam bean yang berguna untuk mencerahkan kulit wajah dan meratakan warna kulit sehingga tampak lebih natural. 

Tekstur Pixy White Aqua Gentle ini berbentuk gel ringan dengan busa yang lembut dan memberikan aroma yang menyegarkan saat pengaplikasiannya ke kulit wajah. Walau memiliki aroma dan busa, facial wash ini tidak memberikan rasa ketarik atau kering, sebaliknya wajah jadi lebih lembab dan terasa lebih licin sepanjang hari sehingga menjadikannya sebagai facial wash yang cocok untuk pemilik jenis kulit kering.

Baca Juga : Stress Jerawat gak Hilang-hilang? Atasi dengan 3 Facial Wash Jerawat Berikut!

Nah! Itulah Rekomendasi Facial Wash Kulit Kering terbaik yang bisa kamu coba! Untuk kamu yang belum menemukan produk facial wash yang cocok, stay positive and don’t give up ya!

Comments

comments