Facial Wash atau Micellar Water dulu? Berikut Perbedaan dan Urutan Pemakaiannya

3 min read

Untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik pastinya diperlukan usaha dan kerutinan dalam merawat kulit setiap harinya. Sudah banyak produk skincare di pasaran yang diformulasikan khusus sesuai masalah dan jenis kulit masing-masing sehingga kamu pun tidak hanya memiliki opsi untuk memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit tetapi juga opsi memilih produk sesuai dengan budget yang kamu punya.

Nah! Dalam pengaplikasiannya, skincare biasanya dilakukan secara bertahap dengan urutan yang benar, hal ini dilakukan agar produk skincare pilihan kamu dapat bekerja dengan sempurna dan memberikan hasil yang memuaskan. Banyaknya produk skincare di pasaran, pastinya bisa membuat orang kebingungan akan urutan dan perbedaan manfaat produk-produk yang diaplikasikan ke kulit kamu.

Mencuci muka atau membersihkan wajah merupakan tahapan awal dari penggunaan skincare, biasanya tahapan ini lebih efektif jika menggunakan facial wash dalam prosesnya daripada hanya membasuh wajah dengan air biasa. Penggunaan facial wash dapat membersihkan debu dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit setelah beraktivitas seharian secara maksimal dan menyeluruh.

Dari jenis skincare yang ada, facial wash merupakan jenis skincare paling umum digunakan dan diketahui oleh banyak orang, akan tetapi facial wash bukanlah satu-satu nya produk yang berfungsi untuk membersihkan wajah sehingga muncul kebimbangan di kalangan pengguna skincare akan produk-produk yang dapat digunakan sebagai pembersih wajah sekaligus alternatif facial wash, salah satunya adalah micellar water.

 

Facial Wash Vs Micellar Water

 

Facial Wash

Seperti yang kita ketahui facial wash merupakan sabun pembersih wajah yang biasanya diformulasikan dengan 2 bentuk yaitu gel facial wash dan creamy facial wash. Creamy facial wash memiliki fungsi sebagai moisturizer yang dapat melembutkan serta menutrisi kulit sehingga terhindar dari kulit kering dan terjaga kelembabannya. Fungsinya tersebut menjadikan creamy facial wash cocok untuk jenis kulit kering.

Gel Facial Wash, sesuai namanya facial wash satu ini memiliki tekstur seperti gel dan tekstur ringan sehingga kulit terhindar dari resiko iritasi dan kemerahan saat pengaplikasiannya. Gel Facial wash biasanya diformulasikan dengan bahan yang memiliki efek anti-inflamasi sehingga bekerja untuk melindungi kulit dari berbagai radikal bebas dan bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Walau memiliki 2 bentuk yang berbeda, keduanya memiliki fungsi utama untuk membersihkan wajah dari kotoran dan noda yang menempel di kulit, penggunaannya sebagai tahapan awal pun dilakukan karena facial wash tidak hanya membersihkan wajah tetapi juga bisa menyegarkan kulit sehingga kulit lebih siap untuk menerima pengaplikasian produk skincare selanjutnya.

 

Micellar Water

Micellar Water, sesuai namanya jenis skincare ini merupakan pembersih wajah yang memiliki bahan dasar air. Micellar Water memiliki kandungan yang kaya akan micelles, yaitu molekul-molekul minyak berukuran mikro yang bekerja mengangkat kotoran dan minyak pada kulit serta menghidrasi kulit agar wajah tetap segar dan terjaga kelembabannya setelah pemakaian. 

Micellar water umumnya bisa digunakan sebagai pelembab sekaligus pembersih wajah, akan tetapi berbeda dengan facial wash, micellar water bukan produk yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah setiap harinya dan hanya digunakan sebagai tambahan sebelum menggunakan facial wash, yaitu untuk membersihkan make-up setelah beraktivitas seharian.

Penggunaannya yang multifungsi dan bisa menjadi alternatif pun menjadikan micellar water memiliki harga yang relatif jauh lebih mahal daripada harga jual facial wash pada umumnya. Kamu pun juga harus teliti dalam memilih kandungan atau bahan dalam micellar water dengan menghindari produk yang berbahan pewangi atau kimia lainnya yang dapat berisiko memicu rasa gatal dan iritasi pada kulit kamu.

 

Facial Wash atau Micellar Water dulu?

 

Seperti yang kita ketahui facial wash biasanya digunakan sebagai pembersih wajah dan digunakan sebagai tahapan awal dalam memulai penggunaan skincare, hal ini dilakukan agar wajah lebih siap dalam menerima produk skincare lainnya agar dapat bekerja lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal. Tetapi, penggunaan facial wash di awal akan lebih efektif jika kamu tidak sedang dalam penggunaan make-up.

Micellar water sendiri merupakan pembersih wajah yang cukup efektif akan tetapi penggunaanya dilakukan dengan fungsi utama membersihkan wajah dari sisa kotoran bekas makeup, berbeda dengan facial wash yang berfungsi untuk membersihkan wajah secara umum. Dengan begitu, micellar water dapat membersihkan wajah dari make-up dan membuat wajah jadi lebih segar untuk proses penggunaan skincare selanjutnya.

Dari Pernyataan diatas bisa kita simpulkan bahwa penggunaan micellar water bisa kamu aplikasikan lebih dahulu sebelum facial wash jika kamu menggunakan make-up selama beraktivitas. Sebaliknya, jika kamu melakukan skincare di malam hari dan hanya dirumah saja tanpa menggunakan make-up, kamu bisa langsung mengaplikasikan facial wash sebagai tahapan utama skincare harian kamu.

 

Berikut Produk Micellar Water Favorit yang bisa kamu coba :

 

Ovale Micellar Cleansing Water

(www.jd.id)

 

Ovale merupakan brand kecantikan Indonesia yang cukup dikenal dengan produk micellar water keluarannya. Ovale Micellar Cleansing Water diformulasikan dengan bahan-bahan alami tanpa kandungan alkohol dan pewangi sehingga terhindar dari resiko iritasi serta aman dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit khususnya kulit sensitif.

Ovale Micellar Cleansing dibagi menjadi 2 varian yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan dan jenis kulit kamu. Varian Pertama yaitu Ovale Micellar Cleansing Water Brightening, varian ini memiliki botol berwarna pink dan memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan Magnolia Extract, micellar water ini mampu melindungi kulit dari berbagai bakteri penyebab jerawat dengan efek anti-inflamasi yang dimilikinya.

Varian Kedua yaitu Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin, sama seperti varian pertama, micellar water ini juga mengandung magnolia extract yang dapat melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Tetapi varian ini juga memiliki tambahan ekstrak teh hijau yang mampu menyegarkan kulit serta memudarkan luka bekas jerawat atau paparan sinar matahari.

 

Simple Micellar Cleansing Water

(www.blibli.com)

 

Brand skincare Simple merupakan brand asal Inggris yang sudah umum dan banyak diketahui kalangan pecinta skincare dengan produknya yang diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai masalah pada jenis kulit sensitif. Micellar Water dari Simple ini diklaim mampu membersihkan kotoran sampai pori-pori terdalam sehingga kulit akan terasa lebih segar dan tampak bersih setelah pemakaian.

Simple Micellar Cleansing Water mengandung Vitamin C, Triple Purified Water dan Vitamin B3 yang dapat menjaga kelembaban kulit serta menutrisi kulit agar terhindar dari kerutan dan kulit kering. Tanpa kandungan pewangi, pewarna dan bahan kimia berbahaya lainnya, Simple Micellar Cleansing Water sangat cocok dan aman digunakan untuk semua jenis kulit karena jauh dari resiko alergi saat penggunaannya. 

 

Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water

(www.shopee.co.id)

 

Micellar Water dari Wardah ini mampu mengangkat kotoran dan noda bekas make-up secara menyeluruh dan maksimal tanpa memberikan rasa ketarik atau lengket setelah pemakaiannya. Selain itu, kandungan timun dan ekstrak rumput laut di dalamnya efektif memudarkan bekas jerawat dan bintik hitam serta menjaga keelastisan kulit sehingga terhindar dari penuaan dini.

Baca Juga : Stress Jerawat gak Hilang-hilang? Atasi dengan 3 Facial Wash Jerawat Berikut!

Itulah perbedaan dan urutan yang benar antara Facial Wash dan Micellar Water untuk tahapan skincare harian kamu sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal.

So, jangan bingung-bingung lagi ya!

Comments

comments