Facial Wash atau Facial Scrub dulu? Yuk Ketahui Perbedaannya!

3 min read

Dalam penggunaan skincare, mencuci muka merupakan tahap awal yang wajib kamu lakukan agar wajah lebih siap dalam menerima produk skincare selanjutnya. Produk skincare yang akan kamu aplikasikan pun haruslah sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu, hal ini dilakukan agar kulit kamu terhindar dari resiko alergi yang dapat memperburuk kondisi kulit kamu jika salah dalam memilih skincare.

Tahapan mencuci wajah dalam penggunaan skincare pun sebenarnya sangat sederhana, kamu bisa membilas wajah dengan air biasa untuk menghilangkan debu dan kotoran setelah beraktivitas seharian. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan produk skincare pembersih wajah agar dapat membersihkan wajah lebih maksimal sehingga hasil yang didapatkan pun lebih optimal.

Nah! Dalam penggunaan skincare, facial wash merupakan pilihan skincare yang tepat untuk kamu agar wajah lebih bersih dan terhindar dari kotoran atau debu yang menempel pada kulit kamu. Walau termasuk jenis skincare yang sudah umum digunakan, ternyata masih banyak loh yang bingung perbedaan dan urutan penggunaan facial wash dan facial scrub. Yuk ketahui perbedaannya!

 

Facial Wash

Facial Wash atau pembersih wajah merupakan jenis skincare yang berfungsi untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada kulit wajah. Biasanya facial wash diformulasikan dengan tekstur dan bahan yang ringan sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit khususnya kulit sensitif. Karena sifatnya yang rendah resiko mengalami alergi, facial wash juga aman untuk digunakan setiap hari.

Facial Wash pun dikemas dalam 2 bentuk yang berbeda, yaitu krim dan gel. Facial wash creamy biasanya mengandung moisturizer yang berfungsi untuk melembutkan tekstur kulit wajah sekaligus menutrisi kulit sehingga wajah tetap terjaga kelembabannya. Sedangkan Gel Facial Wash efektif dalam membersihkan wajah sekaligus mengurangi dan melindungi kulit dari bakteri-bakteri penyebab jerawat.

 

Cara Pemakaian Facial Wash :

 

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum menuangkan facial wash ke telapak tangan, alangkah baiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kotoran dan bakteri yang ada pada tangan kamu tidak menempel atau berpindah ke wajah saat mengaplikasikan facial wash ke kulit kamu.

2. Gunakan Air Hangat

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa membasuh wajah kamu terlebih dahulu dengan air hangat agar minyak dan kotoran pada wajah lebih mudah terangkat saat menggunakan facial wash. Tetapi, kamu harus pastikan air yang digunakan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas ya!

3. Usapkan dengan lembut

Setelah melakukan langkah diatas, kamu bisa menuangkan facial wash secukupnya ke telapak tangan kamu dan langsung usapkan ke wajah kamu dengan memijatnya secara perlahan hingga facial wash menyerap ke kulit. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih sambil menepuk-nepuk wajah.

4. Gunakan 2 kali Sehari

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus konsisten dalam menggunakan facial wash dengan mengaplikasikannya cukup 2 kali sehari saja. Karena sifatnya yang ringan, facial wash juga aman dan efektif untuk digunakan setiap hari, Dengan begitu kulit wajah kamu akan terjaga kelembabannya dan bersih terlindungi dari kotoran dan debu yang menempel setelah beraktivitas seharian di luar rumah.

 

Facial Scrub

Facial Scrub sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan facial wash, yaitu membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel pada kulit wajah setelah beraktivitas seharian. Tetapi, facial scrub memiliki kandungan dan efek yang berbeda dari facial wash. Facial wash mengandung butiran-butiran yang berfungsi membersihkan wajah secara mendalam serta mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Dengan kandungan microbeads, facial scrub mampu mengatasi berbagai masalah kulit dengan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk penyebab munculnya masalah jerawat, kusam dan berminyak. Akan tetapi, berbeda dengan facial wash, butiran kecil dalam facial scrub tidak cocok untuk sebagian jenis kulit  dan memiliki resiko terkena iritasi atau gatal yang menyebabkan kemerahan pada kulit wajah kamu.

 

Cara Pemakaian Facial Scrub :

1. Pilih Scrub Sesuai Jenis Kulit Kamu

Sebelum membeli facial scrub, alangkah baiknya kamu melihat kandungan dan fungsi dari facial scrub tersebut apakah kulit kamu berjerawat, berminyak atau kusam? Dengan produk yang tepat, efek dan hasil yang didapatkan pun lebih maksimal.

2. Gunakan Air Hangat

Sama seperti facial wash, kamu bisa basuh tangan dan wajah kamu terlebih dahulu menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan, agar pori-pori wajah terbuka kotoran, sel kulit mati dan minyak pada wajah lebih mudah terangkat saat menggunakan facial scrub.

3. Memijat Wajah Dengan Lembut

Setelah tangan dan wajah kamu basah, tuangkan facial scrub secukupnya ke ujung jari lalu gosokan dengan ujung jari satunya hingga facial scrub merata. Setelah itu, usapkan kedua jari ke kulit wajah dan pijat dengan perlahan dan lembut secara bersamaan. Pastikan kamu tidak mengusapnya terlalu lama dan terlalu kencang, kamu cukup usapkan selama 10 – 20 detik saja, lalu bilas dengan air bersih secara merata.

4. Gunakan 2-3 kali Seminggu

Berbeda dengan facial wash, facial scrub hanya boleh kamu gunakan maksimal 2 sampai 3 kali seminggu. Hal ini dikarenakan efek eksfoliasi facial scrub yang akan menyebabkan iritasi dan membuat kulit kering jika sering di aplikasikan ke kulit wajah kamu. Jadi pastikan kamu tidak berlebihan dan gunakan secukupnya saja ya!

 

Facial Wash atau Facial Scrub dulu?

 

Nah! Dalam tahapan penggunaan skincare, facial wash dan facial scrub merupakan produk yang masih banyak orang tidak tahu urutan dalam pengaplikasiannya. Sebenarnya, penggunaan skincare umumnya fleksibel dan memiliki produk alternatif jika kamu tidak memiliki suatu produk tertentu. Seperti facial wash yang bisa kamu ganti dengan facial foam atau cleanser sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang kamu punya.

Dalam kasus ini, tahapan facial scrub sebenarnya bisa kamu lewatkan jika kulit kamu cenderung sensitif dan mudah mengalami iritasi jika bergesekan dengan objek tertentu. Oleh karena itu, kandungan butiran-butiran kecil dalam facial scrub tidak disarankan untuk tahapan skincare dengan jenis kulit kering dan sensitif. Tetapi, jika kulit kamu normal, maka kamu bisa menambahkan facial scrub untuk hasil yang lebih optimal.

Penggunaan skincare biasanya diawali dengan membersihkan muka dengan facial wash atau cleanser jika kamu memakai make-up selama beraktivitas. Kedua produk tersebut dapat membersihkan wajah secara menyeluruh dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah agar wajah lebih segar dan tidak terkontaminasi dengan bakteri lainnya sebelum mengaplikasikan produk skincare selanjutnya.

Lalu, untuk tahap selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan facial scrub jika kulit kamu tidak sensitif dan produk yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kamu. Efek facial scrub dapat melembutkan sekaligus membuat kulit jadi lebih bersih dan segar setelah pemakaian. Penggunaan facial scrub ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran menjadi lebih efektif daripada hanya menggunakan facial wash. 

Baca juga : Facial Wash atau Cleanser dulu? Berikut Langkah untuk Membersihkan Wajah Yang Benar

Nah! Itu dia perbedaan dan urutan pengaplikasian yang benar antara Facial Wash dan Facial Scrub. So, jangan bingung-bingung lagi ya guys! Hehe.

Comments

comments