Stress Jerawat gak Hilang-hilang? Atasi dengan 3 Facial Wash Jerawat Berikut!

3 min read

Memiliki kulit berjerawat memang dapat membuat risih dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Penyebab munculnya jerawat disebabkan dari berbagai faktor, mulai dari bakteri, polusi udara, kulit berminyak, kulit kering hingga sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang efisien dan khusus untuk mengurangi sekaligus melindungi kulit dari munculnya jerawat pada kulit wajah.

Jerawat merupakan masalah pada kulit yang umum dan biasanya diderita oleh remaja atau orang dewasa, maka tidak heran jika banyak produk kosmetik atau kecantikan memiliki produk skincare khusus yang ditujukan untuk orang dengan kulit berjerawat. Produk Skincare seperti toner, serum, essence, facial scrub, cleanser dan facial wash merupakan salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi kulit jerawat kamu.

Nah! Dalam pengaplikasian skincare harian, biasanya diawali dengan tahapan mencuci muka terlebih dahulu sebelum menggunakan produk skincare lainnya. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa menggunakan produk facial wash untuk mencuci muka daripada hanya membasuh wajah dengan air biasa, hal ini dilakukan karena facial wash juga mampu untuk mempersiapkan kulit untuk pengaplikasian skincare selanjutnya.

Sama seperti produk skincare lainnya, facial wash juga memiliki varian dan fungsinya masing-masing tergantung dari kandungan didalamnya. Oleh karena itu, kamu harus lebih teliti dan tidak boleh sembarangan memilih facial wash untuk tahapan skincare harian kamu. Dengan memilih facial wash yang tepat kamu pun akan terhindar dari resiko alergi dan iritasi yang dapat memperburuk kondisi pada kulit wajah kamu.

 

Kandungan Facial Wash yang Efektif untuk Kulit Bejerawat :

 

Salicylic Acid

Salah satu faktor pemicu jerawat adalah kulit yang berminyak karena dapat mengundang bakteri pada kulit wajah. Salicylic Acid atau Asam salisilat merupakan kandungan yang cukup umum dan banyak digunakan untuk produk skincare kulit berjerawat karena keefektifannya untuk membersihkan kotoran didalam pori-pori sehingga minyak wajah lebih terkontrol dan terlindungi dari bakteri penyebab jerawat.

 

Niacinamide

Kandungan Niacinamide dalam facial wash merupakan kandungan yang cukup penting dan krusial dalam memilih facial wash untuk kulit berjerawat, Hal ini dikarenakan efek anti-inflamasi dalam kandungan niacinamide yang efektif untuk meredakan peradangan pada kulit wajah sehingga dapat mengurangi bekas jerawat serta mengembalikan warna dan tekstur pada kulit seperti sedia kala.

 

Retinol

Retinol merupakan zat aktif turunan dari vitamin A yang sudah banyak digunakan sebagai kandungan produk perawatan pada kulit. Kandungan Retinol dipercaya efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti penuaan dini, kulit bruntusan dan kulit berjerawat.

 

Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide merupakan kandungan dalam facial wash yang mampu melindungi kulit dari bakteri-bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Selain itu, benzoyl peroxide juga mampu mengatasi penyumbatan kotoran pada pori-pori sehingga terhindar dari kulit berminyak yang dapat memicu munculnya jerawat.

 

Glycolic Acid

Glycolic Acid atau Asam Glikolat efektif dalam mengembalikan tekstur dan warna kulit bekas munculnya jerawat pada wajah. Selain itu, Glycolic Acid mampu mencerahkan kulit, menjaga keelastisan kulit dan mengontrol kadar minyak pada kulit wajah sehingga tidak mengundang bakteri-bakteri penyebab munculnya jerawat.

 

Kandungan dalam Facial Wash yang harus kamu hindari :

 

Pewangi

Kandungan pewangi atau parfum merupakan kandungan yang harus kamu waspadai dalam memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Hal ini dikarenakan bau harum pada pewangi dapat memicu rasa gatal, iritasi, kulit kering serta berjerawat. Pastikan facial wash yang akan kamu beli tidak tercantum tulisan “Fragrance” pada kemasannya agar kulit kamu terhindar dari faktor yang dapat memperburuk kondisi pada kulit wajah.

 

Alkohol

Alkohol memang sudah banyak digunakan dalam produk-produk skincare, akan tetapi kandungan alkohol juga memiliki resiko tinggi pada beberapa jenis kulit dan disarankan untuk dihindari pemakaiannya. Menggunakan facial wash dengan kandungan alkohol secara berlebih dapat mengakibatkan reaksi alergi, kemerahan atau iritasi yang jika dibiarkan akan memicu munculnya jerawat pada kulit wajah.

 

Paraben

Sebenarnya penggunaan paraben sebagai kandungan skincare memiliki fungsi sebagai pengawet produk skincare tersebut dan masih bisa digunakan jika kandungannya masih dalam batas wajar dan tidak lebih dari 0,4%-0,8%. Tetapi, jika kadar paraben dalam facial wash melebihi kadar tersebut, maka alangkah baiknya dihindari karena dapat menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada kulit wajah yang berjerawat.

 

SLS

SLS atau Sodium lauryl sulfate merupakan kandungan busa yang biasanya berfungsi untuk mengurangi minyak pada kulit wajah. Walau begitu, SLS merupakan bahan kimia yang cukup keras dan dapat membuat kulit menjadi kering sehingga memicu kemerahan dan berjerawat pada kulit wajah.

 

Berikut Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Berjerawat :

 

ERHA Acneact Gentle Facial Wash

(www.shopee.co.id)

 

ERHA Acneact Gentle Facial Wash merupakan facial wash pertama yang bisa kamu coba, dengan kandungan allantoin ERHA Acneatc mampu mengurangi bekas jerawat dengan menenangkan kemerahan pada kulit kering dan iritasi. Selain itu, facial wash ini juga mengandung ekstrak witch hazel yang mampu mengangkat kotoran penyebab tersumbatnya pro-pori sehingga kadar minyak pada wajah lebih terkontrol.

Facial Wash ini juga memiliki kandungan Salicylic Acid yang memiliki efek anti bakteri untuk melindungi kulit dari polusi udara dan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Tanpa kandungan SLS, ERHA Acneact sangat cocok serta aman digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak menyebabkan kulit terasa tertarik atau gatal setelah pemakaian pada kulit berjerawat kamu.

 

MS Glow Facial Wash

(www.lazada.co.id)

 

MS Glow facial wash merupakan pilihan facial wash yang tepat bagi kamu yang tidak hanya ingin memberantas jerawat tetapi juga ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar. MS Glow facial wash mengandung kojic acid yang memiliki efek anti-bakteri dan dapat melindungi serta memberantas bakteri-bakteri penyebab jerawat yang menempel pada kulit wajah.

Facial Wash ini juga memiliki kandungan glycosphere papain dan alpha arbutin yang efektif membersihkan sel kulit mati penyebab kulit kusam sehingga kulit kamu akan terlihat lebih cerah setelah pemakaian. Selain itu, ekstrak aloe vera dalam facial wash ini juga efektif menjaga kelembaban kulit serta melembutkan tekstur kulit bruntusan yang terjadi karena peradangan bekas hinggapnya jerawat.

 

HAUM Wash On

(www.shopee.co.id)

 

Rekomendasi Produk Facial Wash terakhir yang bisa kamu coba untuk atasi kulit berjerawat kamu adalah facial wash lokal bernama HAUM Wash On. Facial Wash satu ini diklaim cocok dan aman digunakan untuk semua jenis kulit khususnya kulit sensitif dan berjerawat karena kandungan hyaluronic acid nya yang efektif untuk menjaga kelembaban dan tidak membuat kulit kering setelah pemakaian.

HAUM Wash On juga memiliki bahan aktif yang memiliki efek anti inflamasi yang efektif memudarkan bekas jerawat serta melindungi kulit dari radikal bebas dan bakteri-bakteri penyebab munculnya jerawat. Tidak ketinggalan kandungan tranexamic acid nya yang mampu melembutkan kulit serta meratakan warna kulit dan mengembalikannya seperti sedia kala.

Baca Juga : Berikut Rekomendasi Facial Wash Kulit Bruntusan yang Melembutkan Kulit dengan Maksimal

Nah! Itulah 3 Facial Wash yang bisa kamu masukin ke list skincare harian kamu! Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, tetap bersabar dan Stay Positive ya!

Comments

comments