alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.

Bolehkah Melakukan Facial Wajah Berjerawat? Ketahui Efek Dan Dampaknya

1 min read

Facial wajah bejerawat Falabelle Official

Melakukan perawatan wajah sudah menjadi suatu kebutuhan penting bagi para wanita. Salah satu perawatan wajah yang digemari oleh para wanita adalah facial wajah. Facial wajah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya ; mengangkat kotoran wajah agar wajah menjadi bersih, mengangkat sel kulit mati, memberikan nutrisi pada kulit wajah, dan membantu mencegah timbulnya jerawat. Namun, bagaimana kalah kulit wajah yang berjerawat melakukan facial?, apakah diperbolehkan melakukan facial wajah berjerawat?.

Jerawat timbul karena adanya kotoran pada kulit wajah yang menumpuk dan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga dapat memicu peradangan kulit wajah. Facial wajah berjerawat bisa saja dilakukan namun pada level jerawat yang ringan. Facial wajah diawali dengan pembersihan pori-pori ( pore cleansing). Eitss,girls! Perawatan wajah sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli atau profesional yaa. Hal ini dilakukan agar mengurangi resiko sesuatu terjadi pada kulit kamu. Biasanya mereka akan memberikan zat kimia peeling terlebih dahulu untuk mengangkat sel kulit mati.

Nah girls, kalian harus ketahui efek dan dampaknya terlebih dahulu nih kalau kalian melakukan facial wajah jerawat. Berikut efek dan dampak yang kemungkinan terjadi jika melakukan facial wajah berjerawat :

Baca juga : Penyebab jerawat di jidat dan cara mengatasinya

1. Ruam kemerahan

Efek samping yang kemungkinan terjadi dari facial wajah berjerawat yaitu ruam kemerahan. Sebenarnya ruam kemerahan suatu hal yang wajar terjadi akibat dari hasil facial wajah. Namun, untuk kulit berjerawat tentunya ruam kemerahan ini akan terlihat lebih parah dari biasanya.

 

2. Timbulnya Jerawat Baru

Facial wajah berjerawat memungkinkan memiliki efek samping timbulnya jerawat setelah baru. Hal ini disebabkan jika peralatan yang dipakai saat melakukan facial tidak steril dan ditambah lagi kondisi kulit kamu sedang bermasalah, sehingga jerawat baru bisa saja timbul pada kulit wajah kamu.

Baca juga : Jenis- jenis facial

3. Luka

Saat melakukan facial wajah petugas pastinya akan menggunakan alat atau jarinya untuk mencabut kotoran dari pori-pori kulit wajah kamu, hal ini akan beresiko membuat kulit wajah kamu mengalami kerusakan. Luka juga bisa disebabkan karena tenaga ahli yang melakukan tindakan facial belum berpengalaman atau profesional.

 

4. Iritasi

Penggunaan ramuan dan krim yang dengan kandungan bahan kimia bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah, terlebih jika kulit wajah kamu sedang berjerawat.

 

Efek dan dampak diatas tentunya bisa dihindari. Sebaiknya jika kamu ingin melakukan perawatan facial wajah konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, jika dokter memberikan saran untuk melakukan perawatan lainnya diluar facial wajah sebaiknya kamu mengikuti saran dokter. Sebab hal tersebut sangat berisiko untuk kulit wajah kamu. Sebaiknya untuk melakukan facial wajah, kondisi kulit kamu sedang tidak dalam kondisi berjerawat, walaupun memang ada jenis facial wajah tersebut di klinik atau tempat perawat tertentu. Tetapi, memang harus dilakukan secara hati-hati.

 

Daripada kamu khawatir untuk melakukan facial wajah berjerawat, mending kamu sembuhkan terlebih dahulu jerawat-jerawat yang membandel di kulit wajah kamu. Nah, ini aku kasih tau beberapa produk yang bisa mengatasi jerawat :

  1. Acnol lotion for acne
  2. Verile acne gel
  3. Tamanu oil
  4. Acnes sealing gel
  5. Emina Ms. Pimple spot gel

Baca juga : Masker wajah untuk kulit sensitif 

Nah, beberapa produk diatas bisa membantu kamu untuk mengatasi jerawat  loh. Daripada kamu harus facial wajah berjerawat yang akan kemungkinan akan berdampak tidak baik pada kulit wajah kamu? Mendingan jerawatnya diatasi terlebih dahulu oleh produk perawatan wajah khusus jerawat. Setelah nanti jerawatnya mulai mereda atau hilang baru deh kamu ga perlu khawatir untuk melakukan facial wajah. Semoga bermanfaat ya guys dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajahmu!:).

Comments

comments

alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.