raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.

Ketahui Dampak Negatif Yang Terjadi Akibat Hidup Boros

1 min read

Dampak negatif akibat hidup boros

Memang kebutuhan hidup sangatlah banyak. Tentunya bagi masyarakat mempunyai banyak keinginan yang ingin dicapai dengan jangka waktu yang cepat. Boros adalah sifat yang wajar jika dilakukan secara tidak berlebihan tetapi sudah tidak wajar ketika melakukanya secara sangat berlebihan. Apalagi boros ini sering terjadi tanpa kalian sadari. Manusia memang mempunyai rasa yang kurang puas dan menginginkan lebih untuk mengendalikan diri dalam menginginkan sesuatu memanglah cukup sulit tetapi bukan tidak bisa. Oleh karena itu jika hidup kalian boros ketahuilah ini ada beberapa dampak negatif akibat hidup yang boros, di antaranya:

Baca juga : Ketahuilah pentingnya dana darurat 

Berikut ini hal yang terjadi jika hidupmu boros :

1. Selalu Merasa Kurang

Di kehidupan yang boros pasti kalian merasa selalu kurang padahal uang yang kalian punya itu mencukupi karena kalian menggunakan uang itu hanya untuk membeli yang tidak penting misalnya seperti yang menurut kalian lucu mungkin atau yang kalian tidak butuhkan. Dampaknya uang kalian pada pertengahan bulan pun menipis yang seharusnya dipakai untuk membeli kebutuhan lainnya seperti kebutuhan rumah atau kebutuhan keluarga.

2. Tidak Mempunyai Dana Darurat

Dana darurat adalah hal yang memang seharusnya dipunyai oleh masyarakat dan juga salah satu tujuan yang wajib dipenuhi oleh orang yang memiliki penghasilan sendiri. Dengan kalian yang hidupnya boros terkadang melupakan dana darurat ini. Padahal jika kalian menyisihkan uang untuk dana darurat sangat bermanfaat jika kalian keluar dari pekerjaan atau sebagian dana darurat digunakan sampai diterima di kantor yang baru atau di pekerjaan yang baru.

3. Tidak Bisa Menabung

Dengan sifat boros yang mempunyai keinginan banyak tentunya sulit untuk menabung atau menyisihkan uangnya dahulu, jika mempunyai uang tentunya langsung ingin membeli keinginan yang belum sempat dibeli. Memang boleh membeli keinginan yang sudah lama pengen dibeli tetapi ingat!! ya jangan membeli barang atau apapun yang setidaknya tidak terlalu kalian butuhkan dan memang tidak penting di hidup kalian.

4. Memiliki Utang

Memenuhi keinginan memang suatu keharusan tetapi jika kalian terus menerus menginginkan apa yang kalian inginkan padahal melebihi kapasitas uang yang kalian punya. Dalam hal ini tidak sedikit orang yang memang nekat untuk meminjam uang kesana-kesini hanya untuk membeli yang kalian inginkan. Apalagi zaman sekarang sudah sangat mudah untuk meminjam uang mulai secara online yang didukung dengan banyaknya aplikasi yang memang bisa meminjam uang.

Sifat ini tentunya akan merugikan kalian sendiri karena terus menghantui pikiran kalian kapan akan bayar utang atau mungkin bisa stres akibat adanya utang selain itu hal tersebut bisa memberikan dampak kepada orang terdekat kalian. Hasilnya akan terkena getahnya jika kalian tidak bisa membayar hutang kalian.

5. Sering Stres atau Banyak Pikiran

Memiliki gaya hidup boros memang mudah sekali terkena stres karena ketika kalian boros kalian tidak sadar seberapa banyak kalian mengeluarkan uang atau seberapa besar pengeluaran kalian. Alhasil setelah di cek pengeluaran kalian ternyata lebih kecil daripada pemasukannya. Itu salah satu pemicu utama yang membuat kalian stres dan banyak pikiran. Inilah dampak terburuk hidup boros yang paling mengerikan.

Baca juga : Cara mendapatkan penghasilan selama pandemi covid 19 

Itu dia beberapa akibat jika kalian memiliki kehidupan yang boros. Memiliki keinginan yang banyak memanglah manusiawi dan memanjakan diri memang harus tetapi tidak harus mewah. Jadi hal yang harus kalian tanamkan pada diri kalian adalah merasa cukup dan yang tidak bida dilupakan belilah “KEBUTUHAN” jangan “KEINGINAN” sehingga kalian bisa terbebas dari hidup boros.

Comments

comments

raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.