siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif

Cara Tepat Memakai Serum Agar Hasil Optimal 

3 min read

Cara Tepat Memakai Serum Agar Hasil Optimal Falabelle Official

Serum kini sudah menjadi bagian penting dalam menggunakan rangkaian skincare. Serum menjadi hal yang tak boleh dilewatkan, bukan tanpa alasan karena serum dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit wajah salah satunya meremajakan kulit. Banyak sekali jenis serum yang diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu. Seperti hydrating serum, anti aging serum, refining serum, exfoliating serum dan masih banyak lagi.

Dengan adanya perbedaan jenis serum tersebut maka, berbeda pula cara dan tahap pemakaiannya. Meskipun serum kini menjadi primadona setiap wanita dalam menjaga kesehatan kulitnya. Nyatanya, masih banyak ditemukan kesalahan dalam menggunakan serum yang mengakibatkan kondisi kulit bukannya membaik, malah semakin memburuk. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman akan penggunaan skincare khususnya serum. Untuk menghindari hal demikian terjadi padamu sebaiknya simak bagaimana cara tepat memakai serum agar hasil optimal berikut ini. 

Peggunaan serum secara optimal

Cara Menggunakan Serum Untuk Mendapatkan Hasil Optimal

1. Lakukan Double Cleansing

Tahap pertama yaitu melakukan double cleansing, double cleansing adalah 2 tahapan membersihkan wajah dari sisa-sisa make-up, skincare, atau debu dan kotoran pada wajah. Hal itu dilakukan karena pembersih muka seperti facial wash saja tidak cukup membersihkan wajah hingga ke pori terdalam, sehingga dibutuhkan first cleanser seperti micellar water, milk cleanser, cleansing oil dan cleansing balm yang mampu mengangkat kotoran hingga ke pori terdalam wajah.

Gunakan first cleanser dengan menggunakan kapas, lalu usapkan ke seluruh area wajah warna kapas pun akan berubah kecoklatan itu artinya kotoran di wajah sudah terangkat dan tersapu bersih. Segera bersihkan wajah menggunakan facial wash atau facial foam yang biasa kamu gunakan. Setelah membersihkan jangan mengelap wajah sampai benar-benar kering, cukup sampai kulit masih terasa lembab. 

2. Gunakan Hydrating Toner

Kedua, gunakan hydrating toner yang biasa kamu pakai. Toner selain berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak yang mungkin masih menempel di wajah, juga berfungsi mengembalikan pH kulit menjadi normal kembali setelah mencuci wajah. Dengan begitu kulit wajah siap menggunakan tahapan skincare selanjutnya.

3. Gunakan Serum

Perlu digaris bawahi menggunakan serum jangan menunggu toner benar-benar kering, sebaiknya gunakan saat wajah masih terasa lembab. Karena serum akan menyerap 10 kali lebih cepat jika kondisi wajah masih lembab. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, serum tidak hanya berbentuk cairan saja, ada yang teksturnya krim, gel dan lain sebagainya. 

Jika serum yang kamu gunakan bertekstur gel atau krim dengan kemasan pump, maka tuangkanlah pada ujung jari telunjuk atau jari telunjuk dan jari tengah. Bila serum yang biasa digunakan bertekstur oil dengan aplikator pipet, lebih baik diteteskan ke telapak tangan daripada langsung mengarahkan pipet ke permukaan wajah. Hal tersebut untuk menghindari pipet terkontaminasi oleh kotoran yang menempel di wajah. 

4. Teteskan Serum Secukupnya

Alih-alih ingin mendapatkan hasil maksimal dengan menggunakan serum secara berlebihan, yang didapatkan malah kondisi kulit wajah semakin memburuk. Lalu bagaimana cara tepat memakai serum agar hasil optimal? justru diaplikasikan secukupnya saja, cukup dengan 2-3 tetes atau seukuran biji kacang polong ke telapak tangan. 

Tidak boleh berlebihan, karena serum mempunyai kandungan bahan aktif  yang sudah terkonsentrasi. Maka dari itu gunakan secukupnya karena pemakaian serum berlebihan pada wajah akan menghambat proses penyerapan pada kulit wajah. Maka dari itu, cukup 2-3 tetes saja untuk seluruh permukaan kulit terutama pipi kanan dan kiri, dahi dan bagian dagu. 

5. Ratakan Ke Seluruh Area Wajah

Bagaimana cara tepat memakai serum agar hasil optimal selanjutnya, dengan meratakan serum ke seluruh area wajah. Oleskan serum secara merata pada wajah lalu tekan lembut wajah dengan telapak tangan terbuka, hal ini dilakukan untuk melepaskan bahan aktif pada serum. Lalu, pijat wajah oleh jari telunjuk dan jari manis secara lembut ke arah atas wajah, mulai dari pipi tarik secara lembut keatas. 

Hal tersebut bertujuan agar pipi jadi lebih kencang dan tidak mudah kendur. Setelah itu, jangan lupa menggosok-gosokan kedua telapak tangan sampai terasa hangat. Kemudian usapkan telapak tangan yang hangat tersebut ke seluruh bagian wajah. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek hangat agar serum dapat menyerap secara sempurna. 

6. Jangan Lewatkan Pelembab Wajah

Meskipun serum berkhasiat untuk melembabkan wajah karena mengandung formula hyaluronic acid, bukan berarti serum merupakan pelembab wajah atau moisturizer. Serum lebih fokus pada target permasalahan kulit, dengan konsentrasi yang tinggi dan cepat meresap. Sedangkan pelembab berperan untuk melembabkan wajah dan melindungi dari sinar matahari. Jadi peran melembabkan kulit tetap dipegang oleh moisturizer. Setelah penggunaan pelembab kulit wajah siap untuk tahapan skincare selanjutnya. 

7. Gunakan Secara Rutin 2 Kali Sehari

Serum merupakan bagian dari perawatan kulit harian, tidak seperti masker dan krim jerawat. Maka dari itu, serum pada umumnya harus dipakai setiap hari pada pagi sebelum beraktifitas dan malam menjelang tidur. Namun, lebih baik periksa kembali aturan pakai dan kandungan yang tertera pada serum yang akan kamu gunakan. Karena terdapat jenis-jenis serum yang aturan pakainya tidak dianjurkan setiap hari. Contohnya serum yang mengandung retinol atau AHA BHA biasanya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu pada malam hari saja. 

Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Serum

Bagaimana cara tepat memakai serum agar hasil optimal tentunya, dengan memakainya secara benar sesuai aturan yang berlaku dan menghindari kesalahan-kesalahan saat memakai serum tersebut. Jika dalam menggunakannya saja sudah salah maka jangan heran jika tidak terjadi perubahan apa-apa pada kulit wajahmu. Atau lebih parahnya lagi kondisi wajah semakin memburuk karena pemakaian serum yang salah.

Jangan-jangan kamu salah satu pelakunya, untuk mengetahui hal tersebut ketahui kesalahan-kesalahan dalam memakai skincare di bawah ini. 

  • Urutan pemakaian skincare yang salah, sebaiknya gunakan rangkaian skincare dari yang cair ke yang lebih kental. 
  • Tidak menggunakan moisturizer.
  • Tidak memakai serum sesuai kebutuhan, jangan sampai kurang atau berlebihan. 
  • Tidak konsisten, artinya tidak rutin sesuai anjuran dan aturan pakai serum itu sendiri. 
  • Meratakan serum secara kasar ke kulit wajah.
  • Salah dalam melakukan layering serum.
  • Keliru memilih serum artinya tidak sesuai dengan kebutuhan kulit.

Bagaimana, dari beberapa kesalahan yang sering ditemui dalam memakai skincare apakah kamu pernah melakukan salah satunya? Jika pernah atau bahkan sering, sebaiknya mulai perbaiki cara memakai serum di wajahmu dengan cara-cara di atas. 

Baca juga : Join komunitas kecantikan terupdate disini 

Nah, demikian rangkuman bagaimana cara tepat memakai serum agar hasil optimal. Semoga dengan adanya artikel ini membuat kamu lebih teredukasi dalam merawat wajah dengan menggunakan serum. Mulai sekarang jangan lupa untuk menerapkan cara tepat memakai serum dan menghindari kesalahan-kesalahan dalam memakai serum agar hasil lebih optimal sesuai yang kamu harapkan pastinya. 

Comments

comments

siska Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif