alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.

Cara Mengatasi Kerutan Di Wajah dan Ketahui Jenisnya  

4 min read

Cara Mengatasi Keriput Di Wajahdan Ketahui Jenisnya Falabelle Official

Kerutan merupakan proses penuaan alami yang bisa terjadi pada semua orang. Umumnya kerutan muncul pada lansia, tapi kalian tau ga sih guys kalau kerutan itu pertama kali muncul pada usia 20-an lho. Kerutan biasanya terjadi pada area dahi atau di sekitar mata. Tak jarang juga kerutan muncul di bagian pipi wajah. Hal ini menjadi masalah bagi para perempuan yang sangat mengganggu penampilannya. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi kerutan di wajah? Sebelumnya yuk, kenali penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Kerutan Di Wajah

1. Kenali Kerutan Lebih Dekat

Nah, sebelum kita mengenal kerutan lebih jauh sebaiknya kamu harus mengetahui apa dan bagaimana bentuk kerutan yang sebenarnya. Kerutan merupakan garis, lipatan dan tonjolan yang timbul di kulit wajah. Kerutan akan timbul secara alami seiring bertambahnya usia. Pada usia 20-an kerutan akan muncul untuk pertama kalinya. Biasanya kerutan ini muncul berbentuk garis halus di lipatan dahi atau sekitar mata. Kerutan merupakan bagian alami dari penuaan. Semakin bertambahnya usia maka kulit akan semakin kering, tipis dan kurang elastis sehingga tidak bisa melindungi diri dari kerusakan. Selain itu, kerutan juga bisa timbul karena kurangnya merawat kulit wajah.

2. Hal Ini Yang Menyebabkan Timbul Keriput Lebih Cepat

Kerutan akan timbul lebih cepat karena faktor sinar matahari, merokok, polusi udara, dehidrasi dan lainnya. Namun, umumnya kerutan yang muncul dengan cepat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang menyengat seperti di leher, wajah, punggung, lengan dan tangan. Bahaya sinar UV saat beraktivitas diluar menyebabkan lapisan kulit memecah sehingga kulit akan kurang fleksibel dan melemah. Hal ini yang menyebabkan kerutan akan timbul.

Baca juga : Cara mengatasi bibir kering 

Tipe Kerutan Di Wajah

1. Kerutan Atrophic Crinkling Rhytids

Yuk, kenali tipe kerutan ini! yups, atrophic crinkling rhytids merupakan tipe kerutan yang relatif dangkal, biasanya terletak parallel antara satu sama lain dan dapat menghilang saat kulit diregangkan. Salah satu contohnya adalah kerutan yang biasanya timbul di dahi. Garis-garis halus pada kerutan ini disebabkan karena hilangnya elastisitas dan kolagen.

2. Kerutan Permanen Elastic Creases

Nah, kerutan lainnya yaitu permanent elastic creases. Tipe kerutan ini biasanya sering terjadi di bibir atas, pipi dan leher bawah. Tipe kerutan ini akan semakin parah jika tidak segera diatasi apalagi ditambah sering terkena paparan sinar matahari.

3. Dynamic Expression Lines

Tipe kerutan di wajah lainnya yaitu dynamic expression lines. Kerutan ini biasanya muncul saat kita mengeluarkan ekspresi wajah. Tipe kerutan dinamis tak akan muncul saat kita tidak memunculkan ekspresi wajah. Kerutan ini biasanya timbul di antara alis dan juga luar sudut mata.

4. Gravitational Folds

Nah, yang terakhir yaitu kerutan jenis gravitational folds. Kerutan ini muncul karena adanya ketebalan kulit dan gravitasi. Garis kerutan akan lebih terlihat lebih nyata saat bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena gravitasi yang terus-menerus membuat kulit tertarik ke bawah dan menyebabkan kulit keriput permanen.

Lihat juga : Simak info lengkap kecantikan hanya di @skincare.journeyy

Eits.. Jangan Khawatir! Berikut Cara Mengatasi Kerutan Dengan Mudah

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah

Banyak orang yang berpikir bahwa sering mencuci wajah akan membuat wajah lebih bersih. Nyatanya terlalu sering mencuci wajah akan membuat wajah kekeringan dan bisa merangsang produksi minyak berlebih di wajah. Hal ini dapat memicu timbulnya keriput di wajah lho guys. Sebaiknya lakukan mencuci wajah hanya dengan 2 kali sehari aja pada pagi dan malam hari ya.

2. Lakukan Pijat Wajah Sendiri

Nah, cara mudah lainnya dalam mengatasi masalah keriput di wajah yaitu dengan memijat wajah sendiri. Memijat wajah di area wajah tertentu membantu kamu dalam menghilangkan kerutan di wajah loh. selain itu, memijat wajah sendiri juga bisa menghilangkan kelebihan air di wajah yang bisa menghilangkan kerutan. Tapi, lakukan cara ini dengan benar ya guys!. Pijat lembut wajah dengan gerakan ke arah atas.

3. Istirahat Dengan Cukup

Salah satu cara yang mudah untuk menghilangkan kerutan di wajahmu yaitu dengan istirahat yang cukup. Waktu tidur yang baik yaitu selama 8 jam per hari. Saat tidur tubuh akan melakukan regenerasi sendiri termasuk kulit. Dengan tidur yang cukup tubuh dapat memperbaiki kulitnya. Jika kamu kurang tidur, maka tubuh dapat melepaskan hormon kortisol yang dapat menghambat proses regenerasi sehingga kulit akan mudah keriput.

4. Perhatikan Posisi Tidur

Selain tidur dengan cukup, cara mudah lainnya untuk menghilangkan kerutan di wajah yaitu dengan memperhatikan posisi tidurmu. Sebaiknya kamu tidak tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping karena akan membuat berat tubuh bertumpu. Hal ini yang bisa menyebabkan kerutan di wajah. Kerutan bisa hilang jika kamu memperbaiki posisi tidurmu. Kalau kamu terus tidur dengan posisi seperti itu, makan kerutan akan timbul secara permanen sehingga tidak bisa hilang. Tidurlah dengan terlentang supaya bisa meminimalkan kontak wajah dengan tempat tidur dan bantal.

5. Perbanyak Kebutuhan Air Mineral

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dengan mudah kamu lakukan yaitu perbanyak kebutuhan cairan atau air mineral dalam tubuhmu. Dengan memenuhi kebutuhan air mineral akan memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu lho. Jika kamu tidak memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya, maka kulit akan kering dan bisa menimbulkan kerutan.

6. Jangan Terpapar Sinar Matahari Secara Berlebih

Paparan sinar matahari berlebih yang mengenai wajahmu akan membuat kulit akan lebih mudah keriput. Hal ini disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dan bisa merusak kolagen pada kulit wajahmu sehingga bisa berpengaruh pada elastisitas kulit. Minimnya produksi kolagen bisa menghilangkan elastisitas kulit sehingga menimbulkan keriput di wajah. Usahakan menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF saat beraktivitas diluar ruangan agar dapat melindungi kulit wajahmu dari bahaya sinar UV.

7. Konsumsi Makanan Yang Bernutrisi

Nah, untuk menghilangkan kerutan di wajah kamu perlu juga asupan nutrisi yang kaya akan antioksidan loh guys. Selain kaya antioksidan, kamu juga membutuhkan nutrisi lainnya seperti Omega 3, asam lemak, protein tinggi dan mineral seperti Vitamin E, Vitamin A dan zat besi yang berasal dari ikan-ikanan. Selain ikan, kamu juga perlu mengonsumsi sayuran dan kacang-kacangan ya guys.

8. Gunakan Krim Malam

Hal yang tidak boleh disepelekan adalah perawatan kulit wajah di malam hari. Sebaiknya gunakan rangkaian skin care di malam hari seperti krim malam untuk mengatasi masalah keriput di kulit wajahmu. Apalagi jika kamu berusia 20-an seharusnya gunakan krim malam dan serum mata agar area sekitar wajah lembab dan bisa mencegah dari masalah kulit keriput.

9. Hindari Stres

Stres merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini bisa membuat timbulnya keriput di wajah kamu loh. Jika stress maka kemampuan tubuh kamu bisa melawan hormon yang menjadi pemicu timbulnya keriput. Jadi, usahakan selalu produktif dan melakukan aktivitas positif setiap harinya ya guys.

10. Jangan Merokok

Cara menghilangkan kerutan di wajah lainnya yang paling berpengaruh adalah dengan menghindari rokok. Kebiasaan buruk ini selain merusak paru-paru juga bisa memicu kerutan di wajahmu lho. Hal ini terjadi karena adanya radikal bebas yang disebabkan saat menghirup asap rokok. Radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam kulit yang menyebabkan produksi kolagen berkurang. Padahal fungsi kolagen bisa memberikan elastisitas pada kulit wajahmu loh. Oh Ya hati-hati guys, bagi perokok aktif maupun pasif berisiko timbul keriput di wajah.

Simak juga : Komunitas kecantikan dan perawatan wajah 

Wah, ternyata kerutan di wajah ga hanya muncul saat lansia aja ya guys. Usia 20-an which is usia muda juga bisa memiliki kerutan di wajah lho. So, kenali penyebab keriput ya guys agar bisa mencegah timbulnya keriput di wajah. Dan bagi kamu yang udah muncul kerutan di wajah, yuk atasi dengan langkah-langkah diatas! Selamat mencoba guys 😊.

Comments

comments

alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.