raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.

Berikut Cara Daftar UMKM Dengan Mudah & Tanpa Ribet

1 min read

daftar UMKM dengan mudah dan tanpa ribet FALABELLE OFFICIAL

Sebelum tahu bagaimana cara untuk daftar umkm, kenali dulu umkm itu apa sih? Umkm adalah singkatan usaha mikro, kecil, dan menengah arti dari umkm itu sendiri ialah perdagangan usaha yang dilakukan oleh badan usaha atau perorangan. Ternyata bapak presiden kita Joko Widodo pernah melakukan program bantuan Banpres untuk umkm senilai 2,4 juta. Program ini diterbitkan pada tahun 2020 akibat terjadinya pandemi COVID-19. Banpres merupakan hibah diberikan kepada umkm yang berdampak pandemi COVID-19 untuk sebagai tambahan modal untuk bekerja. Dana ini di berikan untuk umkm yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pihak perbankan.

Sebelum kalian membuka umkm ini kalian harus mempunyai IUMK, apa itu IUMK ? IUMK adalah surat legalitas yang diberikan kepada orang yang ingin membuka usaha dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya. IUMK juga bermanfaat untuk kalian yang membuka umkm karena memberikan kepastian hukum atau payung hukum dan juga dapat menjadi sarana pemberdayaan pelaku usaha atau orang yang mempunyai umkm.

Tenang saja pembuatan IUMK ini tidak dipungut biaya dan bagi kalian jika sudah mendaftar IUMK ini mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan usaha dari pemerintah daerah, fasilitas akses untuk permodalan dan mendapat pendamping bimbingan secara teknis :

 

Syarat  kalian daftar IUMK ini sangat gampang sekarang IUMK UMKM :

  1. Siapkan alamat email
  2. Siapkan KTP
  3. Siapkan juga NPWP tapi tidak diwajibkan

 

Cara atau langkah mengurus IUMK : 

  1. kalian dapat membuka link oss.go.id
  2. lalu kalian daftar dengan alamat email kalian
  3. cek email kalian untuk mendapatkan verifikasi akun
  4. lalu login ke oss.go.id
  5. lalu pilih menu yang pembuatan izin untuk perseorangan
  6. isi biodata yang lengkap sesuai yang di ktp
  7. ikuti langkah-langkah sampai akhir pemilihan jenis usaha
  8. lalu klik selesai
  9. unduh file pdf nib dan iumk kalian
  10. selesai

 

Setelah kalian semua tahu bagaimana cara membuka umkm dan mengurus surat iumk  kalian harus tau dulu apa perbedaan dari usaha mikro, kecil, dan menengah :

 

1. Usaha Mikro

Usaha mikro adalah usaha yang dikelola oleh individu atau badan usaha. Kriteria usaha mikro biasanya harus memiliki aset bersih usahanya maksimal 50 juta, dan untuk omsetnya itu maksimal 300 juta.

Contoh usaha mikro misalnya peternak ayam, tukang cukur, warung kelontong, dan lain-lain yang sejenis seperti itu.

 

2. Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha yang dikelola individu atau perorangan usaha ini tidak termasuk sebagai badan usaha. Kriteria usaha kecil ini biasanya memiliki aset sekitar 50 juta ke atas mungkin paling besar 500 juta, kalau untuk omsetnya itu biasanya 300 juta sampai 2,5 miliar.

Contoh dari usaha kecil misalnya toserba, koperasi, dan minimarket.

 

3. Usaha Menengah

Usaha menengah adalah usaha yang dikelola individu atau perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan dari anak perusahaan atau dari cabang usaha yang dimiliki. Kriteria usaha menengah ini biasanya memiliki aset maksimal 500 juta hingga 10 milyar dan memiliki omset sekitar 2,5 miliar sampai 50 miliar.

Contoh usaha yang bergerak dibidang menengah yaitu perdagangan ekspor impor, ekspedisi muatan kapal laut, usaha di perkebunan, dan lain – lain yang sejenis seperti itu.

Baca juga : cara menjadi reseller produk kecantikan 

Itu dia bagaimana jika kamu ingin menjalankan usaha mikro, kecil, dan menengah dan juga perbedaan jenis usaha jadi kalian tahu mau buka usaha apa dan masuk kekategori yang mana, semoga bermanfaat dan membantu kalian jika ingin memulai usaha baru.

Comments

comments

raifuni Mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Periklanan yang saat ini fokus menjadi beauty content writer.