alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.

Manakah yang berpeluang bisnis produk kecantikan atau salon kecantikan

1 min read

Bisnis produk kecantikan

Dunia kecantikan tidak melulu tentang melakukan perawatan tubuh, kecantikan juga bisa kita jadikan peluang untuk berbisnis yang bisa menguntungkan loh. Berbagai bisnis kecantikan bisa kamu lakukan sesuai dengan passion dan minat kamu. Bisnis kecantikan yang paling banyak saat ini adalah menjual produk kecantikan dan membuka salon kecantikan. Lalu, manakah yang berpeluang bisnis produk kecantikan atau salon kecantikan?

Saat kita membuka bisnis tentunya menjadi suatu hal yang sangat menantang. Setiap bisnis dalam bidang apapun termasuk bidang kecantikan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung pada kita yang menjalaninya dan bagaimana kita bisa mengembangkan dan mempertahankan bisnis tersebut. Saat ini adalah bagaimana caranya kita bisa mengembangkan bisnis tersebut di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini. Beberapa tips berikut bisa menjadi referensi kamu saat ingin membuka bisnis produk kecantikan atau salon kecantikan :

Baca juga : tips memulai bisnis kecantikan budget minim

1. Memiliki konsep yang jelas

Sebelum memulai bisnis kecantikan baik menjual produk kecantikan atau membuka salon kamu harus memiliki konsep yang jelas agar usaha kamu berjalan dengan lancar dan lebih terstruktur.

 

2. Tentukan target pasar dan calon konsumen

Selain memiliki konsep yang jelas, kamu juga harus menentukan target pasar dan calon konsumen. Tentukan terlebih dahulu target konsumen untuk kalangan dewasa, remaja atau bahkan anak-anak. Hal ini harus kamu lakukan agar saat kamu sudah memulai usaha, kamu tidak khawatir akan konsumen bisnis kamu.

 

3. Mengenal trend kecantikan

Untuk memulai bisnis kecantikan kamu juga perlu memperhatikan dan mengenal tren kecantikan saat ini supaya bisnis kamu selalu trendy dan tidak ketinggalan zaman.

 

4. Melakukan promosi

Saat memulai bisnis kecantikan, jangan lupa untuk melakukan promosi yang menjadi daya tarik para calon pelanggan kamu. Kamu bisa memberikan potongan harga, giveaway, atau lainnya.

Baca juga : Trend bisnis kecantikan terus meningkat per tahun 

Selain itu, berikut kelebihan dan kekurangan bisnis produk kecantikan dan salon kecantikan :

 

Kelebihan bisnis produk kecantikan

Dengan berbisnis kecantikan kamu bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus modal yang besar. Berbisnis produk kecantikan bisa kamu lakukan dengan membuka jasa titip (jastip), menjadi reseller atau membuka secara online. Produk kecantikan tidak akan pernah habis, dalam arti produk kecantikan sudah menjadi kebutuhan penting bahkan kebutuhan pokok bagi para wanita.

 

Kekurangan bisnis produk kecantikan 

Saat bisnis produk kecantikan kamu akan bersaing dengan toko produk kecantikan lainnya sehingga persaingannya akan ketat. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menekuni usaha yang akan kamu jalankan.

 

Kelebihan membuka bisnis salon kecantikan

Setiap orang tentunya akan mencari salon untuk melakukan perawatan, terutama perawatan rambut. Hal ini, menjadikan peluang bagi kita untuk mendapatkan keuntungan lebih.

 

Kekurangan membuka bisnis salon kecantikan 

Saat ingin memulai atau membuka bisnis salon kecantikan kamu harus membutuhkan modal yang besar. Salah satu modal yang besar ini dibutuhkan untuk membeli peralatan salon yang tergolong cukup mahal. Jika membuka bisnis salon kecantikan harus dilakukan secara offline, tidak bisa online. Karena di salon kecantikan orang melakukan perawatan dengan harus bertemu secara langsung.

Baca juga : Cara daftar UMKM dengan mudah 

Nah, itu dia benefit serta kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan jika kamu ingin memulai bisnis produk kecantikan atau membuka usaha salon. Jadi, kamu tidak usah khawatir jika ingin memulai bisnis kecantikan. Sesuaikan dengan modal usaha kamu, passion kamu serta minat kamu ya. Karena semua usaha pastinya akan menguntungkan bagi kita.

Comments

comments

alfira Mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta Selatan yang saat ini fokus di menjadi beauty content writer.